Home » Kinemaster » Efek VHS Kinemaster: Cara Membuat Video Retrowave yang Keren

Efek VHS Kinemaster: Cara Membuat Video Retrowave yang Keren

Pengantar

Hai sobat rasya.id! Jika kamu seorang penggemar film atau musik dari era 80-an dan 90-an, pasti kamu familiar dengan efek VHS. Efek ini ditandai dengan tampilan video yang kasar, glitchy, dan penuh noise. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, efek VHS mulai ditinggalkan dan banyak digantikan dengan format digital yang lebih bersih.

Meskipun begitu, efek VHS masih menjadi favorit bagi banyak orang, terutama bagi yang menyukai estetika retrowave. Tidak perlu khawatir, karena sekarang kamu bisa menciptakan efek VHS dengan mudah menggunakan aplikasi Kinemaster di smartphone kamu! Artikel ini akan membahas cara membuat efek VHS Kinemaster yang keren dan akan memberi kamu beberapa tips dan trik untuk membuat video retrowave yang unik.

Selamat membaca!

Cara Membuat Efek VHS Kinemaster

Untuk membuat efek VHS pada video menggunakan Kinemaster, kamu perlu mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Persiapan

Pertama-tama, kamu harus mempersiapkan beberapa bahan yang akan digunakan, yaitu video yang akan diedit, efek VHS yang akan diaplikasikan, dan lagu atau suara latar yang akan digunakan. Kamu bisa mencari efek VHS di situs-situs seperti YouTube atau Vimeo dan men-downloadnya ke smartphone kamu.

Setelah itu, buka aplikasi Kinemaster dan buat proyek baru. Kamu bisa memilih aspek rasio sesuai kebutuhan kamu, misalnya 16:9 atau 1:1 untuk Instagram Story. Import video yang akan kamu edit dan letakkan di timeline Kinemaster.

2. Menerapkan Efek VHS

Setelah video diimpor ke timeline, kamu bisa menerapkan efek VHS pada video. Caranya, klik pada tab “Layer” di bagian bawah layar Kinemaster dan pilih “Media”. Impor efek VHS yang sudah kamu download tadi dan letakkan di timeline di bawah video utama.

Kemudian, ubah blending mode efek VHS menjadi “Add” atau “Screen”. Kamu juga bisa mengatur opacity efek VHS sesuai keinginan kamu agar tidak terlalu kuat.

3. Menambahkan Noise dan Glitch

Untuk membuat efek VHS terlihat lebih nyata, kamu bisa menambahkan noise dan glitch pada video. Caranya, klik pada tab “Effects” dan pilih “Video”. Pilih “Noise” atau “Glitch” dan letakkan di timeline di atas video utama.

Ubah blending mode noise atau glitch menjadi “Overlay” atau “Multiply” dan sesuaikan opacity-nya. Kamu juga bisa mengatur durasi noise atau glitch agar tidak terlalu lama atau terlalu pendek.

4. Menambahkan Musik atau Suara Latar

Untuk melengkapi video retrowave kamu, tambahkan musik atau suara latar yang sesuai dengan tema video kamu. Kamu bisa mencari musik atau suara latar di situs-situs seperti SoundCloud atau YouTube.

Import musik atau suara latar ke timeline Kinemaster dan letakkan di bawah video utama. Kamu juga bisa mengatur durasi musik atau suara latar agar sesuai dengan durasi video kamu.

5. Export Video

Setelah semua selesai, kamu bisa export video dan menyimpannya di galeri smartphone kamu. Kamu juga bisa membagikan video kamu ke media sosial atau platform video sharing lainnya untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain.

Tips dan Trik Membuat Video Retrowave yang Keren

Untuk membuat video retrowave yang keren, kamu bisa mencoba beberapa tips dan trik berikut:

1. Pilih Musik yang Sesuai

Pemilihan musik yang tepat sangat penting untuk menciptakan vibe retrowave yang keren. Pilih musik synthwave atau outrun yang memiliki nuansa retro dan futuristik.

Kamu juga bisa mencoba memilih musik yang memiliki tempo yang cepat dan ritme yang menarik agar video kamu terlihat lebih dinamis.

2. Gunakan Font yang Tepat

Font yang tepat dapat menambahnilai estetika retrowave pada video kamu. Pilih font yang memiliki nuansa retro dan futuristik, seperti font neon atau font arcade.

Kamu juga bisa mencoba bermain dengan efek teks seperti animasi atau efek glitch untuk membuat teks terlihat lebih menarik.

3. Gunakan Warna yang Kontras

Gunakan warna-warna yang kontras seperti biru neon, ungu, atau merah untuk membuat video kamu terlihat lebih menonjol.

Gunakan juga efek color grading untuk memberikan warna yang dramatis pada video kamu.

4. Gunakan Efek Transisi yang Keren

Gunakan efek transisi yang keren seperti transisi glitch atau transisi warp untuk membuat video kamu terlihat lebih menarik. Kamu juga bisa mencoba membuat transisi sendiri dengan menggunakan efek visual seperti noise atau glitch.

5. Konsisten dengan Tema

Pastikan video kamu konsisten dengan tema yang kamu pilih. Jangan terlalu banyak menggunakan efek atau elemen yang tidak sesuai dengan tema retrowave.

Jangan lupa untuk melakukan test drive terhadap video kamu sebelum mempublikasikannya untuk mengetahui apakah video tersebut menarik dan sesuai dengan tema.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Apa itu efek VHS? Effek VHS adalah efek yang menciptakan tampilan video kasar, glitchy, dan penuh noise yang identik dengan format VHS di era 80-an dan 90-an.
2. Apa itu aplikasi Kinemaster? Kinemaster adalah aplikasi video editor yang bisa digunakan di smartphone Android atau iOS. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan, termasuk untuk menciptakan efek VHS.
3. Apa itu estetika retrowave? Estetika retrowave adalah gaya visual yang terinspirasi dari era 80-an dan 90-an, termasuk musik, film, dan desain grafis. Estetika ini ditandai dengan warna-warna neon, font retro, dan tampilan futuristik.
4. Apa itu blending mode pada Kinemaster? Blending mode pada Kinemaster adalah fitur yang digunakan untuk mengatur cara video atau efek tumpang tindih satu sama lain dalam proyek. Beberapa blending mode yang tersedia termasuk “Add”, “Screen”, dan “Overlay”.
5. Apa itu color grading pada Kinemaster? Color grading pada Kinemaster adalah fitur yang digunakan untuk mengatur warna dan kontras video. Fitur ini termasuk koreksi warna, pengaturan hue, saturation, dan brightness, serta efek-efek seperti sepia atau vintage.

Kesimpulan dan Saran

Demikianlah cara membuat efek VHS Kinemaster yang keren dan beberapa tips dan trik untuk membuat video retrowave yang unik. Dengan menggunakan aplikasi Kinemaster, kamu bisa menciptakan video dengan efek VHS yang terlihat profesional dan estetik retro-futuristik yang keren.

Saran saya, cobalah bermain-main dengan elemen dan efek yang berbeda untuk membuat video kamu lebih menarik dan unik. Jangan takut mencoba hal baru dan eksperimen dengan ide-ide kamu sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menciptakan video retrowave yang keren!

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.