Home » Tutorial » Cara Ubah Video Jadi Foto: Mudah dan Simpel

Cara Ubah Video Jadi Foto: Mudah dan Simpel

Mungkin ada kalanya kita ingin mengambil sebuah momen dari video dan menjadikannya foto. Entah itu untuk dijadikan wallpaper atau diposting di media sosial, mengubah video menjadi foto sangatlah praktis. Namun, banyak orang yang belum tahu caranya. Nah, di artikel ini akan dijelaskan cara ubah video jadi foto dengan mudah dan simpel.

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu video dan foto. Video adalah kumpulan gambar yang bergerak dan diatur dalam urutan tertentu, sedangkan foto adalah gambar diam yang direkam dengan kamera. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung pada tujuan penggunaannya.

Berikut ini adalah cara-cara untuk mengubah video menjadi foto. Simak baik-baik dan praktekkan langsung di rumah.

1. Cara Ubah Video Jadi Foto dengan Capture Frame

Cara pertama adalah dengan menggunakan fitur capture frame pada media player. Setiap video player mempunyai fitur ini, yaitu memilih frame tertentu dari video dan menyimpannya sebagai gambar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka file video yang ingin diambil gambar.
  2. Jalankan video hingga mencapai frame yang ingin dijadikan gambar.
  3. Pilih menu “Capture Frame” atau tekan tombol “Print Screen” pada keyboard.
  4. Buka aplikasi Paint atau aplikasi pengolah gambar lainnya.
  5. Paste gambar yang telah diambil tadi pada aplikasi tersebut.
  6. Simpan gambar dengan format yang diinginkan.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan cara ini adalah mudah dan bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan. Kekurangannya adalah hasil gambar kurang optimal karena terdapat garis hitam di sekitar gambar akibat dari frame video yang diambil.

2. Cara Ubah Video Jadi Foto dengan Aplikasi Tambahan

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengubah video menjadi foto. Salah satu contohnya adalah VLC Media Player. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Download dan install VLC Media Player di komputer atau laptop.
  2. Buka file video yang ingin diambil gambar.
  3. Jalankan video hingga mencapai frame yang ingin dijadikan gambar.
  4. Pilih menu “Video” dan klik “Take Snapshot”.
  5. Gambar yang diambil akan tersimpan secara otomatis di folder “Pictures”.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan cara ini adalah hasil gambar lebih optimal karena tidak terdapat garis hitam di sekitar gambar. Kekurangannya adalah membutuhkan aplikasi tambahan yang harus diunduh dan diinstall terlebih dahulu.

3. Cara Ubah Video Jadi Foto dengan Aplikasi Edit Video

Cara ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi edit video. Ada banyak aplikasi edit video yang dapat digunakan untuk mengubah video menjadi foto, contohnya adalah Adobe Premiere, iMovie, dan Filmora. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi edit video yang telah diinstall.
  2. Import file video yang ingin diubah menjadi foto.
  3. Pilih frame video yang ingin dijadikan gambar.
  4. Klik menu “Export” atau “Save As Image”.
  5. Simpan gambar dengan format yang diinginkan.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan cara ini adalah hasil gambar optimal dan dapat diambil lebih dari satu frame sekaligus. Kekurangannya adalah membutuhkan aplikasi tambahan yang cukup berat dan kompleks untuk digunakan.

4. Cara Ubah Video Jadi Foto dengan Layanan Online

Cara keempat adalah dengan menggunakan layanan online. Ada banyak situs web yang menyediakan layanan ini. Contohnya adalah Kapwing, Clideo, dan Online Convert. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka situs web yang menyediakan layanan ini.
  2. Upload file video yang ingin diubah menjadi foto.
  3. Pilih frame video yang ingin dijadikan gambar.
  4. Klik “Convert” atau “Download”.
  5. Simpan gambar dengan format yang diinginkan.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan cara ini adalah tidak membutuhkan aplikasi tambahan dan dapat dilakukan tanpa perlu mengunduh dan menginstall software. Kekurangannya adalah membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat.

5. Cara Ubah Video Jadi Foto dengan Aplikasi Smartphone

Cara kelima adalah dengan menggunakan aplikasi smartphone. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengubah video menjadi foto. Contohnya adalah InShot, Adobe Premiere Rush, dan FilmoraGo. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Download dan install aplikasi yang diinginkan.
  2. Buka aplikasi dan pilih file video yang ingin diubah menjadi foto.
  3. Pilih frame video yang ingin dijadikan gambar.
  4. Klik “Export” atau “Save Image”.
  5. Simpan gambar dengan format yang diinginkan.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan cara ini adalah dapat dilakukan dengan mudah dan praktis dimana saja menggunakan smartphone. Kekurangannya adalah hasil gambar kurang optimal karena terdapat batas resolusi dan kualitas gambar tergantung pada kamera pada smartphone tersebut.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah cara mengubah video menjadi foto bisa dilakukan di semua tipe file video? Ya, cara ini dapat dilakukan di semua tipe file video seperti MP4, MOV, AVI, dan lainnya.
Apakah ada cara lain untuk mengubah video menjadi foto selain menggunakan software dan aplikasi? Ada, salah satunya adalah dengan menggunakan fitur screenshot pada komputer atau smartphone, namun hasilnya kurang optimal.
Berapa jumlah frame yang bisa diambil dari satu video? Tergantung durasi video. Semakin panjang video, semakin banyak juga frame yang bisa diambil.
Apakah hasil gambar akan terlihat berbeda jika menggunakan cara yang berbeda-beda? Iya, karena setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Apakah ada cara untuk mengambil frame secara otomatis dari sebuah video? Ada, dengan menggunakan aplikasi khusus yang dapat memotong video menjadi beberapa frame secara otomatis seperti Video to Photo Frame Capture.

Kesimpulan dan Saran

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cara ubah video jadi foto sangatlah mudah dan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung dari kebutuhan dan situasi penggunaannya. Oleh karena itu, disarankan untuk mencoba semua cara dan memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk memperhatikan resolusi dan kualitas gambar agar hasilnya optimal dan memuaskan. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.