Home » Tutorial » Cara Menghilangkan Background di Adobe Illustrator: Panduan Lengkap

Cara Menghilangkan Background di Adobe Illustrator: Panduan Lengkap

Pengertian Background dan Kegunaannya dalam Desain Grafis

Background atau latar belakang adalah bagian dari desain grafis yang berfungsi sebagai latar untuk objek utama. Dalam desain grafis, background dapat memberikan nuansa tertentu kepada sebuah karya. Beberapa jenis background yang sering digunakan dalam desain grafis adalah solid color, gradient, pattern, atau gambar.

Namun, terkadang kita perlu menghilangkan background pada sebuah gambar untuk membuatnya lebih fleksibel dan mudah digunakan pada berbagai media. Misalnya, ketika kita ingin menggunakan gambar pada website atau memasukkan gambar ke dalam desain print, menghilangkan background dapat membantu mempercepat waktu render dan menghasilkan karya yang lebih baik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghilangkan background di Adobe Illustrator, salah satu software desain grafis terbaik yang banyak digunakan oleh para desainer.

Langkah-langkah Menghilangkan Background

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk menghilangkan background pada gambar menggunakan Adobe Illustrator:

  1. Pertama, buka Adobe Illustrator dan impor gambar yang ingin dihilangkan backgroundnya.
  2. Setelah gambar diimpor, buatlah sebuah layer baru untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
  3. Setelah itu, buatlah sebuah path dengan menggunakan tool Pen atau tool lainnya.
  4. Setelah path dibuat, pilihlah opsi Magic Wand Tool dan pilihlah bagian background yang ingin dihilangkan dengan cara mengkliknya.
  5. Setelah bagian background dipilih, tekanlah tombol Delete pada keyboard untuk menghilangkan background.
  6. Terakhir, save gambar dengan format yang sesuai dan background sudah berhasil dihilangkan!

Memilih Tool yang Tepat untuk Menghilangkan Background

Meskipun Adobe Illustrator menyediakan banyak tool untuk menghilangkan background, tidak semua tool cocok untuk setiap jenis gambar. Oleh karena itu, kita perlu memilih tool yang tepat untuk memperoleh hasil yang optimal.

Untuk gambar dengan background yang kompleks, Magic Wand Tool merupakan pilihan yang tepat karena dapat memilih bagian yang ingin dihilangkan dengan akurat. Namun, apabila gambar memiliki banyak detail dan area yang rumit, lebih baik menggunakan tool Pen atau Brush Tool untuk membuat path terlebih dahulu sebelum menghilangkan background menggunakan Magic Wand Tool.

Sebaliknya, apabila gambar memiliki background solid atau gradient, dapat menggunakan tool Direct Selection Tool atau Lasso Tool untuk memilih bagian yang ingin dihilangkan secara manual.

Menggunakan Fitur Background Eraser Tool

Selain tool-tool di atas, Adobe Illustrator juga memiliki fitur Background Eraser Tool yang dapat digunakan untuk menghilangkan background pada gambar. Fitur ini dapat digunakan untuk menghilangkan background pada gambar dengan area yang lebih kompleks dan memiliki banyak detail.

Caranya adalah dengan memilih Background Eraser Tool pada toolbar, lalu atur hardness, size, dan tolerance sesuai kebutuhan. Kemudian, klik dan drag pada bagian background yang ingin dihilangkan hingga background terhapus.

Pertanyaan Umum Mengenai Menghilangkan Background di Adobe Illustrator

No. Pertanyaan Jawaban
1. Apakah Adobe Illustrator gratis? Tidak, Adobe Illustrator adalah software berbayar yang dapat diakses dengan berlangganan Creative Cloud.
2. Bisakah menghilangkan background pada gambar tanpa menggunakan Adobe Illustrator? Ya, terdapat beberapa software gratis seperti GIMP atau online editor seperti Canva yang dapat digunakan untuk menghilangkan background pada gambar.
3. Bisakah menghilangkan background pada gambar dengan format JPEG? Ya, namun lebih baik menggunakan gambar dengan format PNG karena memiliki transparansi yang lebih baik.
4. Bisakah menghilangkan background pada gambar dengan menggunakan tool Selection Tool? Ya, namun tool Magic Wand Tool atau Background Eraser Tool lebih akurat dan cepat dalam menghilangkan background pada gambar.
5. Apakah menghilangkan background pada gambar dapat merusak kualitas gambar? Tidak, selama dilakukan dengan benar dan hati-hati, menghilangkan background pada gambar tidak akan merusak kualitas gambar.

Kesimpulan dan Saran

Dalam desain grafis, background adalah salah satu elemen yang sangat penting karena dapat memberikan nuansa dan kesan tertentu pada sebuah karya. Namun, terkadang kita perlu menghilangkan background pada gambar untuk membuatnya lebih fleksibel dan mudah digunakan pada berbagai media.

Untuk menghilangkan background pada gambar, Adobe Illustrator menyediakan berbagai tool dan fitur yang dapat digunakan dengan mudah. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua tool dan fitur cocok untuk setiap jenis gambar, sehingga kita perlu memilih dengan hati-hati.

Demikianlah artikel tentang cara menghilangkan background di Adobe Illustrator. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu para desainer grafis dalam membuat karya yang lebih baik dan menarik.

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.