Home » Tutorial » Cara Menghapus Objek di Foto dengan Picsart

Cara Menghapus Objek di Foto dengan Picsart

Siapa yang tidak ingin memiliki foto yang sempurna? Namun, terkadang objek atau benda yang tidak diinginkan muncul di dalam foto. Hal ini tentu saja sangat mengganggu hasil foto yang kita inginkan. Tidak perlu khawatir lagi, karena kini dengan menggunakan aplikasi Picsart, kamu bisa menghilangkan objek tersebut dengan mudah.

Bagi kamu yang belum familiar dengan aplikasi Picsart, ini adalah aplikasi edit foto yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh para pengguna smartphone. Picsart memiliki berbagai fitur yang sangat lengkap dan mudah digunakan, termasuk fitur untuk menghilangkan objek dalam foto. Yuk, simak cara menghapus objek di foto dengan Picsart berikut ini.

Langkah Awal

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Picsart yang sudah diunduh dan diinstal di smartphone kamu. Setelah itu, pilih foto yang akan dihilangkan objeknya. Pastikan juga bahwa foto tersebut sudah diatur pencahayaannya dengan baik agar hasil akhir nantinya lebih bagus.

Jika sudah, selanjutnya tekan tombol “Edit” untuk mulai mengedit foto. Kemudian pilih menu “Tools” dan pilih “Crop”. Setelah itu, atur ukuran crop sesuai dengan foto dan klik “Done”.

Setelah melakukan crop foto, kamu bisa memilih menu “Tools” lagi, lalu pilih “Clone”. Dengan fitur Clone ini, kamu bisa menghilangkan objek yang ada pada foto dengan mudah.

Cara Menghilangkan Objek dengan Fitur Clone

Fitur Clone ini bekerja dengan cara membuat salinan dari suatu area tertentu pada foto dan menggunakannya untuk menutupi objek yang ingin dihapus. Berikut ini cara menghilangkan objek dengan fitur Clone pada Picsart:

1. Tentukan area yang akan diclone

Pilih area pada foto yang akan diclone untuk menutupi objek yang ingin dihapus. Area ini bisa berupa dinding, pepohonan, langit, atau apapun yang ada pada foto yang ingin kamu edit.

2. Sesuaikan ukuran brush

Setelah menentukan area yang akan diclone, selanjutnya atur ukuran brush pada menu yang tersedia. Brush ini nantinya digunakan untuk mengecat area yang akan dijadikan salinan pada foto.

3. Clone area yang sudah ditentukan

Setelah melakukan pengaturan ukuran brush, kamu bisa mulai clone area yang sudah ditentukan tadi dengan cara mengetuk area tersebut di foto. Setelah itu, geser brush pada area yang ingin dihapus dengan gerakan yang halus dan perlahan.

4. Periksa hasilnya

Setelah selesai melakukan clone dan penghapusan objek, pastikan hasil foto sudah sesuai dengan yang diinginkan. Jika belum, kamu bisa melakukan kembali langkah-langkah sebelumnya sampai hasil akhir sesuai dengan ekspektasi.

5. Simpan dan bagikan

Jika sudah puas dengan hasilnya, simpan foto tersebut dengan cara tekan tombol “Save” yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu, kamu bisa langsung membagikan foto tersebut ke media sosial atau menyimpannya di galeri smartphone kamu.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Fitur Clone di Picsart

Seperti halnya aplikasi edit foto lainnya, menggunakan fitur Clone pada Picsart memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini beberapa di antaranya:

Kelebihan Menggunakan Fitur Clone di Picsart

1. Mudah digunakan

Fitur Clone pada Picsart sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Dengan beberapa langkah yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa menghilangkan objek dalam foto dengan mudah dan cepat.

2. Tidak perlu skill editing yang tinggi

Dibandingkan dengan aplikasi edit foto profesional, menggunakan fitur Clone di Picsart tidak membutuhkan skill editing yang tinggi. Sehingga, kamu bisa melakukan pengeditan foto dengan hasil yang memuaskan meskipun belum berpengalaman dalam bidang itu.

3. Banyak fitur lainnya

Selain fitur Clone, Picsart juga memiliki banyak fitur lainnya seperti fitur crop, filter, dan beberapa fitur lain yang bisa membuat hasil foto kamu menjadi lebih menarik dan sesuai dengan keinginan.

Kekurangan Menggunakan Fitur Clone di Picsart

1. Tidak selalu menghasilkan foto yang sempurna

Meskipun fitur Clone pada Picsart mudah digunakan, namun tidak selalu menghasilkan foto yang sempurna. Hal ini tergantung pada tingkat kesulitan dalam menghilangkan objek pada foto.

2. Butuh waktu dan kesabaran

Menghilangkan objek pada foto dengan menggunakan fitur Clone membutuhkan waktu dan kesabaran yang cukup. Terutama jika objek yang ingin dihapus cukup rumit.

3. Hanya bisa digunakan pada foto dengan latar belakang yang “sama”

Fitur Clone hanya bisa digunakan pada foto yang memiliki latar belakang yang “sama”. Makanya, pastikan kamu memilih area yang cocok untuk membuat salinan pada foto yang ingin kamu edit.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya bisa menggunakan fitur Clone pada Picsart secara gratis? Ya, fitur Clone termasuk fitur gratis pada aplikasi Picsart.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan objek pada foto dengan fitur Clone di Picsart? Waktu yang dibutuhkan tergantung pada tingkat kesulitan dalam menghilangkan objek tersebut. Namun, secara umum membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit.
Apakah hasil akhir dalam menghilangkan objek pada foto dengan fitur Clone di Picsart bisa diatur? Ya, kamu bisa mengatur hasil akhir pada foto dengan mengeditnya kembali menggunakan fitur lain seperti filter atau brightness.
Apakah fitur Clone di Picsart bisa digunakan pada semua jenis smartphone? Ya, fitur Clone di Picsart bisa digunakan pada semua jenis smartphone baik Android maupun iOS.
Apakah ada cara lain untuk menghilangkan objek pada foto selain menggunakan fitur Clone di Picsart? Ya, ada beberapa aplikasi edit foto lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan objek pada foto seperti Adobe Photoshop atau GIMP. Namun, aplikasi ini membutuhkan skill editing yang lebih tinggi dibandingkan dengan Picsart.

Kesimpulan dan Saran

Dalam mengedit foto, menghilangkan objek yang tidak diinginkan menjadi salah satu tugas yang tidak bisa dihindari. Namun, dengan menggunakan aplikasi Picsart dan fitur Clone yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa menghilangkan objek tersebut dengan mudah dan cepat. Selain itu, Picsart juga memiliki banyak fitur lainnya yang bisa membuat hasil foto kamu menjadi lebih menarik dan sesuai dengan keinginan.

Saran dari kami, sebaiknya kamu juga memperhatikan kualitas foto yang ingin diedit agar hasil akhir menjadi lebih maksimal. Jangan lupa untuk selalu memperbarui aplikasi Picsart kamu agar bisa menggunakan fitur-fitur terbaru dan lebih lengkap.

Jangan ragu untuk mencoba cara menghapus objek di foto dengan Picsart yang sudah dijelaskan di atas. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.