Home » Tutorial » Cara Menghapus Background di Corel Draw untuk Mempercantik Hasil Desainmu

Cara Menghapus Background di Corel Draw untuk Mempercantik Hasil Desainmu

Pengenalan

Corel Draw merupakan salah satu software desain grafis yang sangat populer digunakan oleh banyak orang. Salah satu fitur yang paling banyak digunakan adalah fitur menghapus background. Menghapus background pada gambar sangat berguna untuk mempercantik hasil desain yang akan dibuat. Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk menghapus background di Corel Draw. Artikel ini akan membahas cara menghapus background di Corel Draw secara lengkap.

Cara Menghapus Background dengan Magic Wand

Cara pertama yang dapat kamu gunakan untuk menghapus background di Corel Draw adalah menggunakan Magic Wand. Magic Wand merupakan salah satu tool yang ada di Corel Draw yang dapat memudahkan kita untuk memilih area yang ingin dihapus.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka gambar yang ingin kamu edit di Corel Draw. Setelah itu, pilih tool Magic Wand yang ada di bagian kiri atas layar. Kemudian, klik area background yang ingin dihapus. Untuk memilih area yang lebih luas, kamu dapat menyesuaikan nilai Tolerance yang ada di bagian atas layar. Setelah selesai memilih area, kamu bisa menghapus background dengan menekan tombol Delete pada keyboardmu atau menggunakan fitur Eraser yang ada di toolbar.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan shortcut keyboard Ctrl+X untuk menghapus area yang telah dipilih dengan Magic Wand. Jangan lupa untuk menyimpan hasil editanmu dengan menekan tombol Ctrl+S agar tidak hilang saat kamu menutup aplikasi Corel Draw.

Jika kamu masih merasa kesulitan menggunakan Magic Wand, kamu bisa mencoba cara menghapus background di Corel Draw dengan menggunakan fitur lain yang akan dibahas pada paragraf berikutnya.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Magic Wand

Dalam penggunaannya, Magic Wand memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari penggunaan Magic Wand:

Kelebihan

  • Mudah digunakan untuk memilih area yang ingin dihapus
  • Memiliki fitur Tolerance yang dapat disesuaikan
  • Memiliki shortcut keyboard yang memudahkan penggunaannya

Kekurangan

  • Tidak cocok untuk menghapus background yang memiliki tekstur atau warna yang sama dengan objek yang ingin disimpan
  • Menggunakan Magic Wand dapat menghapus area yang tidak diinginkan jika Tolerance terlalu tinggi
  • Kualitas hasil editan menggunakan Magic Wand tidak sebaik hasil editan yang dilakukan secara manual

Cara Menghapus Background dengan Quick Trace

Cara kedua yang dapat kamu gunakan untuk menghapus background di Corel Draw adalah menggunakan fitur Quick Trace. Quick Trace merupakan salah satu fitur di Corel Draw yang dapat memudahkan kamu untuk menghapus background pada gambar yang memiliki banyak detail.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka gambar yang ingin kamu edit di Corel Draw. Kemudian, pilih objek yang ingin disimpan. Setelah itu, klik Quick Trace yang ada di bagian atas layar. Pilih fitur Outline Trace dan pilih salah satu pilihan yang disediakan oleh Corel Draw. Setelah selesai, klik Preview dan pastikan hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Jika sudah sesuai, klik OK dan Corel Draw akan melakukan proses tracing. Setelah proses tracing selesai, kamu bisa menghapus background dengan menggunakan fitur Eraser yang ada di toolbar.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan shortcut keyboard Ctrl+Shift+Q untuk mengakses fitur Quick Trace dengan lebih cepat. Jangan lupa untuk menyimpan hasil editanmu dengan menekan tombol Ctrl+S agar tidak hilang saat kamu menutup aplikasi Corel Draw.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Quick Trace

Dalam penggunaannya, Quick Trace memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari penggunaan Quick Trace:

Kelebihan

  • Dapat menghapus background yang memiliki banyak detail
  • Mudah digunakan dengan memilih salah satu pilihan yang disediakan oleh Corel Draw
  • Memiliki shortcut keyboard yang memudahkan penggunaannya

Kekurangan

  • Tidak cocok untuk menghapus background yang memiliki tekstur atau warna yang sama dengan objek yang ingin disimpan
  • Hasil editan menggunakan Quick Trace tidak selalu sesuai dengan yang diinginkan
  • Proses tracing dapat memakan waktu yang cukup lama

Cara Menghapus Background dengan Masking

Cara ketiga yang dapat kamu gunakan untuk menghapus background di Corel Draw adalah dengan menggunakan fitur Masking. Masking merupakan salah satu fitur di Corel Draw yang dapat memudahkan kamu untuk menghapus background pada gambar yang memiliki banyak detail dan warna yang sama dengan objek yang ingin disimpan.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka gambar yang ingin kamu edit di Corel Draw. Kemudian, pilih objek yang ingin disimpan dan grup objek tersebut dengan objek yang ingin dihapus. Setelah itu, klik fitur Masking yang ada di bagian atas layar. Pilih jenis masking yang kamu inginkan dan pastikan objek yang ingin disimpan berada di bagian atas objek yang ingin dihapus. Setelah selesai, klik OK dan Corel Draw akan melakukan masking pada objek yang telah kamu pilih. Kamu bisa menghapus background dengan menggunakan fitur Eraser yang ada di toolbar.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan shortcut keyboard Ctrl+Shift+M untuk mengakses fitur Masking dengan lebih cepat. Jangan lupa untuk menyimpan hasil editanmu dengan menekan tombol Ctrl+S agar tidak hilang saat kamu menutup aplikasi Corel Draw.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Masking

Dalam penggunaannya, Masking memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari penggunaan Masking:

Kelebihan

  • Dapat menghapus background yang memiliki banyak detail dan warna yang sama dengan objek yang ingin disimpan
  • Mudah digunakan dengan memilih salah satu jenis masking yang disediakan oleh Corel Draw
  • Hasil editan menggunakan Masking lebih akurat dibandingkan dengan Magic Wand dan Quick Trace

Kekurangan

  • Tidak cocok untuk menghapus background yang memiliki banyak objek yang berbeda
  • Memiliki proses yang agak rumit dibandingkan dengan Magic Wand dan Quick Trace
  • Menggunakan Masking dapat memakan waktu yang cukup lama

FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Apakah semua jenis gambar dapat dihapus backgroundnya di Corel Draw? Tidak, ada beberapa jenis gambar yang sulit untuk dihapus backgroundnya seperti gambar dengan tekstur yang kompleks atau gambar yang memiliki banyak warna yang sama dengan objek yang ingin disimpan.
2. Apakah Magic Wand dapat digunakan untuk menghapus background pada gambar dengan warna yang sama dengan objek yang ingin disimpan? Tergantung pada nilai Tolerance yang dipilih. Jika Tolerance terlalu tinggi, Magic Wand dapat menghapus area yang tidak diinginkan.
3. Apakah Quick Trace dapat menghasilkan hasil editan yang lebih akurat dibandingkan dengan Magic Wand? Ya, Quick Trace dapat menghasilkan hasil editan yang lebih akurat pada gambar yang memiliki banyak detail. Namun, proses tracing dapat memakan waktu yang cukup lama.
4. Apakah hasil Masking selalu sesuai dengan yang diinginkan? Tidak, hasil Masking tergantung pada objek yang ingin disimpan dan objek yang ingin dihapus. Namun, hasil editan menggunakan Masking lebih akurat dibandingkan dengan Magic Wand dan Quick Trace.
5. Apakah terdapat shortcut keyboard yang dapat digunakan untuk menyimpan hasil editan di Corel Draw? Ya, kamu dapat menggunakan shortcut keyboard Ctrl+S untuk menyimpan hasil editanmu dengan cepat.

Kesimpulan dan Saran

Menghapus background pada gambar merupakan salah satu langkah penting dalam proses desain grafis. Corel Draw menyediakan beberapa fitur yang dapat memudahkan kamu untuk menghapus background. Magic Wand, Quick Trace, dan Masking adalah tiga fitur yang paling sering digunakan untuk menghapus background di Corel Draw. Setiap fitur memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu ketahui. Pilihlah fitur yang tepat untuk gambar yang ingin kamu edit agar hasilnya lebih akurat dan memuaskan.

Saran dari penulis, sebaiknya kamu memilih fitur Masking jika ingin menghapus background pada gambar yang memiliki banyak detail dan warna yang sama dengan objek yang ingin disimpan. Namun, jika ingin menghapus background pada gambar yang mudah diakses, kamu bisa menggunakan Magic Wand atau Quick Trace. Jangan lupa untuk menyimpan hasil editanmu setelah melakukan penghapusan background dan selalu backup data desainmu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mempercantik hasil desainmu dengan menghapus background di Corel Draw.

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.