Home » Tutorial » Cara Mengganti Background Blog dengan Foto

Cara Mengganti Background Blog dengan Foto

Pengenalan

Blog adalah wadah bagi kita untuk berbagi cerita, pengalaman, atau bahkan opini. Dan salah satu cara agar blog kita menarik adalah dengan memiliki desain yang menarik pula. Salah satu cara untuk membuat desain blog kita menarik adalah dengan mengubah background blog kita menjadi foto. Namun, bagi yang belum tahu, mungkin merasa kesulitan untuk mengubah background blog menjadi foto. Oleh karena itu, pada artikel ini, kita akan membahas cara mengganti background blog dengan foto.

Melakukan Persiapan

Sebelum kita memulai proses mengganti background blog dengan foto, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu. Pertama, tentukan terlebih dahulu foto apa yang ingin kita jadikan sebagai background blog kita. Kedua, pastikan foto yang akan kita gunakan memiliki ukuran yang cukup besar, minimal 1600 x 1200 piksel agar tidak pecah saat ditampilkan di background blog. Ketiga, pilihlah tema atau template blog yang mendukung penggunaan background foto. Keempat, pastikan kita sudah memiliki akun penyimpanan seperti Google Drive, OneDrive, atau Dropbox untuk menyimpan foto yang akan kita gunakan.

Tentukan Foto yang Akan Digunakan

Memilih foto yang akan kita gunakan sebagai background blog sangatlah penting. Foto tersebut haruslah menarik dan sesuai dengan tema blog kita. Kita bisa menggunakan foto hasil jepretan sendiri atau foto dari situs penyedia foto seperti Pexels, Unsplash, atau Pixabay. Setelah mendapatkan foto yang kita inginkan, pastikan foto tersebut memiliki ukuran yang cukup besar agar tidak pecah saat ditampilkan di background blog.

Selain itu, pastikan foto tersebut berformat JPEG atau PNG agar dapat digunakan sebagai background blog. Foto dengan format lain seperti BMP atau GIF tidak dapat digunakan sebagai background blog.

Pilih Tema atau Template Blog yang Mendukung Background Foto

Tidak semua tema atau template blog mendukung penggunaan background foto. Oleh karena itu, pastikan kita memilih tema atau template blog yang mendukung penggunaan background foto. Untuk memeriksa apakah tema atau template blog mendukung penggunaan background foto, kita bisa membaca dokumentasi atau panduan penggunaan yang disediakan oleh penyedia tema atau template blog.

Jika kita menggunakan platform blog seperti Blogger atau WordPress, kita bisa mencari tema atau template blog yang mendukung penggunaan background foto di toko tema atau template yang disediakan oleh platform tersebut.

Proses Mengganti Background Blog dengan Foto

Setelah kita melakukan persiapan, selanjutnya adalah melakukan proses mengganti background blog dengan foto. Proses ini akan berbeda-beda tergantung pada platform blog yang kita gunakan.

Mengganti Background Blog dengan Foto di Blogger

Untuk mengganti background blog dengan foto di Blogger, kita perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka dashboard Blogger
  2. Pilih menu “Tampilan”
  3. Pilih “Pengaturan Tampilan” dan pilih “Latar Belakang”
  4. Pilih “Gambar” dan unggah foto yang akan kita gunakan sebagai background blog
  5. Atur tampilan background blog sesuai dengan keinginan dan simpan perubahan yang telah kita lakukan

Mengganti Background Blog dengan Foto di WordPress

Untuk mengganti background blog dengan foto di WordPress, kita perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka dashboard WordPress
  2. Pilih menu “Penampilan”
  3. Pilih “Latar Belakang” dan pilih “Gambar Latar”
  4. Unggah foto yang akan kita gunakan sebagai background blog
  5. Atur tampilan background blog sesuai dengan keinginan dan simpan perubahan yang telah kita lakukan

Kesimpulan

Mengganti background blog dengan foto dapat membuat blog kita terlihat lebih menarik. Namun, sebelum melakukannya, pastikan kita sudah melakukan persiapan dengan baik, seperti memilih foto yang tepat, memilih tema atau template blog yang mendukung penggunaan background foto, dan memiliki akun penyimpanan untuk menyimpan foto yang akan kita gunakan. Selain itu, proses mengganti background blog dengan foto juga berbeda-beda tergantung pada platform blog yang kita gunakan.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah semua tema atau template blog mendukung penggunaan background foto? Tidak, tidak semua tema atau template blog mendukung penggunaan background foto. Pastikan kita memilih tema atau template blog yang mendukung penggunaan background foto.
Apakah foto dengan format lain seperti BMP atau GIF dapat digunakan sebagai background blog? Tidak, foto dengan format lain seperti BMP atau GIF tidak dapat digunakan sebagai background blog. Pastikan foto yang kita gunakan berformat JPEG atau PNG.
Bagaimana jika foto yang ingin digunakan sebagai background blog pecah saat ditampilkan? Pastikan kita menggunakan foto dengan ukuran yang cukup besar, minimal 1600 x 1200 piksel agar tidak pecah saat ditampilkan di background blog.
Bisakah kita mengganti background blog dengan lebih dari satu foto? Tergantung pada tema atau template blog yang kita gunakan. Beberapa tema atau template blog mendukung penggunaan slideshow background yang berisi lebih dari satu foto.
Apakah kita perlu membayar untuk menggunakan tema atau template blog yang mendukung penggunaan background foto? Tergantung pada tema atau template blog yang kita gunakan. Beberapa tema atau template blog tersedia secara gratis, namun beberapa juga ada yang berbayar.

Saran

Untuk membuat blog kita lebih menarik, selain mengganti background blog dengan foto, kita juga dapat menambahkan elemen visual lain seperti gambar, video, atau infografis. Namun, pastikan kita tidak terlalu banyak menambahkan elemen visual sehingga membuat blog kita menjadi lambat saat diakses. Selain itu, pastikan juga kita mengoptimalkan blog kita agar dapat ditemukan dengan mudah di mesin pencari seperti Google. Dengan demikian, blog kita akan semakin populer dan banyak dikunjungi.

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.