Home » Edit Foto » Cara Mengedit Foto Menjadi Aesthetic

Cara Mengedit Foto Menjadi Aesthetic

Pengenalan Aesthetic

Aesthetic merupakan sebuah gaya visual yang sangat populer saat ini. Gaya ini menonjolkan keindahan yang minimalis dan seringkali terlihat simpel namun elegan. Dalam dunia fotografi, gaya aesthetic menjadi sangat populer karena memberi kesan foto yang kalem dan indah. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin tahu cara mengedit foto menjadi aesthetic.

Namun, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara mengedit foto menjadi aesthetic, alangkah baiknya jika kita memahami dulu pengertian dari aesthetic itu sendiri. Aesthetic adalah sebuah seni dalam pengaturan unsur-unsur dan warna pada sebuah karya seni, sehingga menghasilkan sebuah karya yang memiliki keindahan dan kesempurnaan tersendiri.

Cara mengedit foto menjadi aesthetic sendiri merupakan sebuah proses untuk membuat sebuah foto menjadi lebih indah dan tampak elegan dengan pencahayaan serta warna yang diatur dengan baik. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai cara mengedit foto menjadi aesthetic.

Tips Mengedit Foto untuk Memperoleh Gaya Aesthetic

Perbaikan Kecerahan dan Kontras

Salah satu faktor yang penting dalam mengedit foto menjadi aesthetic adalah kecerahan dan kontras. Dalam beberapa foto, kecerahan dan kontras yang kurang dapat membuat foto terlihat kusam dan tidak menarik. Untuk memperbaiki kecerahan dan kontras, kamu dapat menggunakan aplikasi editing foto seperti Lightroom.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Lightroom dan memilih foto yang akan diedit. Setelah itu, pilih tombol “Exposure” dan atur kecerahan sesuai keinginan. Selanjutnya, pilih “Contrast” dan aturlah kontras agar terlihat lebih menarik. Terakhir, atur “Highlights” dan “Shadows” untuk menciptakan detail yang lebih baik pada foto.

Jika kamu merasa kesulitan dalam hal pengaturan kecerahan dan kontras, kamu juga dapat menggunakan preset Lightroom yang telah disediakan oleh banyak orang. Dengan menggunakan preset ini, kamu dapat mengedit foto dengan cepat dan mudah tanpa harus repot-repot memilih setiap pengaturan secara manual.

Penyesuaian Warna

Setelah melakukan pengaturan kecerahan dan kontras, langkah selanjutnya adalah melakukan penyesuaian warna pada foto agar terlihat lebih aesthetic. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih warna pastel atau warna-warna netral yang memberikan kesan tenang dan kalem pada foto.

Untuk melakukan penyesuaian warna pada foto, kamu dapat menggunakan aplikasi editing foto seperti VSCO atau Lightroom. Pilih tombol “Color” atau “HSL” untuk mengatur warna pada foto. Kamu dapat membuat warna menjadi lebih lembut dan kalem dengan mengurangi saturasi pada warna tertentu. Selain itu, kamu juga dapat menyesuaikan warna kuning, hijau, biru, dan merah agar lebih terlihat seimbang.

Jika kamu merasa kesulitan dalam menyesuaikan warna pada foto, kamu dapat mencari preset Lightroom yang telah dibuat oleh banyak fotografer dan editor foto. Dengan menggunakan preset ini, kamu dapat mengubah warna pada foto dengan mudah tanpa harus repot-repot memilih setiap pengaturan secara manual.

Pengaturan Kecerahan dan Warna pada Foto

Selanjutnya, kamu dapat memperbaiki pencahayaan dan warna pada foto untuk membuatnya terlihat lebih aesthetic. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan pengaturan kecerahan dan warna pada foto dengan mengatur langgam atau mood.

Jika kamu ingin mengedit foto menjadi aesthetic dengan mood yang lebih kalem, kamu dapat menyesuaikan warna biru dan hijau menjadi lebih lembut. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan efek langgam pada foto agar terlihat lebih tenang dan kalem.

Untuk melakukan pengaturan kecerahan dan warna pada foto, kamu dapat menggunakan aplikasi editing foto seperti VSCO atau Lightroom. Pilih tombol “Tone Curve” atau “Advanced Color” untuk mengatur kecerahan dan warna pada foto. Kamu dapat membuat warna menjadi lebih lembut dan tenang dengan mengatur tone curve pada warna tertentu. Selain itu, kamu juga dapat menyesuaikan warna biru dan hijau agar lebih kalem.

Pengaturan Kekinian pada Foto

Jika kamu ingin membuat foto terlihat lebih modern dan kekinian, kamu dapat menambahkan efek kekinian pada foto seperti grain atau noise. Grain atau noise adalah efek yang memberikan kesan klasik pada foto dan sering digunakan pada foto-foto aesthetic.

Untuk menambahkan efek grain atau noise pada foto, kamu dapat menggunakan aplikasi editing foto seperti VSCO atau Lightroom. Pilih tombol “Effects” atau “Grain” dan atur tingkat grain sesuai keinginan. Kamu juga dapat menyesuaikan warna grain agar lebih cocok dengan foto yang akan diedit.

Selain itu, kamu juga dapat menambahkan efek blur pada foto untuk membuatnya terlihat lebih artistic. Efek blur dapat memberikan kesan soft dan kalem pada foto, sehingga membuatnya terlihat lebih indah dan aesthetic.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah perlu memiliki kamera profesional untuk mengedit foto menjadi aesthetic? Tidak. Kamu dapat menggunakan kamera HP atau kamera non-profesional untuk mengambil foto. Yang terpenting adalah teknik pengambilan foto yang baik dan editing yang tepat.
Apakah saya harus mengedit setiap foto dengan cara yang sama? Tidak. Setiap foto memiliki karakteristik dan keindahan tersendiri, sehingga kamu dapat menyesuaikan editing foto sesuai dengan karakteristik foto tersebut.
Apakah saya harus menggunakan preset Lightroom? Tidak. Penggunaan preset Lightroom hanya sebagai referensi untuk mengedit foto yang lebih cepat dan mudah.
Apakah harus menggunakan aplikasi editing foto yang berbayar? Tidak. Kamu dapat menggunakan aplikasi editing foto gratis seperti VSCO atau Snapseed yang tersedia di Google Play Store atau App Store.
Apakah saya harus melakukan pengaturan manual pada setiap foto? Tidak. Kamu dapat menggunakan preset Lightroom atau aplikasi editing foto yang menyediakan pengaturan otomatis untuk mengedit foto dengan cepat dan mudah.

Kesimpulan dan Saran

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara mengedit foto menjadi aesthetic dengan menggunakan aplikasi editing foto seperti Lightroom dan VSCO. Ada beberapa tips dan trik yang dapat kamu lakukan untuk membuat foto terlihat lebih indah dan elegan, seperti penyesuaian kecerahan dan kontras, penyesuaian warna, pengaturan kecerahan dan warna pada foto, dan pengaturan kekinian pada foto.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam mengedit foto menjadi aesthetic, kamu dapat berlatih dengan rutin dan mencari inspirasi dari fotografer atau editor foto lainnya. Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan editing foto dengan karakteristik dan keindahan pada setiap foto yang kamu edit.

Jangan lupa untuk tetap mengutamakan keaslian pada setiap hasil foto yang kamu edit, sehingga membuatnya terlihat lebih indah dan kalem. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengedit foto menjadi aesthetic yang lebih indah dan elegan.

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.