Home » Lightroom » Cara Mengedit Foto di Lightroom Ala Selebgram

Cara Mengedit Foto di Lightroom Ala Selebgram

Jika kamu suka menghabiskan waktu di media sosial, maka kamu pasti kenal dengan istilah “selebgram”. Selebgram adalah orang-orang yang populer di media sosial, terutama di Instagram. Mereka memiliki ribuan bahkan jutaan pengikut dan sering memposting foto-foto yang menarik perhatian. Salah satu alasan mengapa foto mereka terlihat begitu menarik adalah karena mereka mengeditnya dengan aplikasi pengedit foto. Salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh selebgram adalah Adobe Lightroom. Di artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang cara mengedit foto di Lightroom ala selebgram.

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Adobe Lightroom di perangkat kamu. Aplikasi ini tersedia di App Store dan Google Play Store. Setelah itu, kamu bisa memulai proses editing foto dengan langkah-langkah berikut:

Langkah Pertama: Impor Foto ke Lightroom

Langkah pertama dalam proses editing foto adalah mengimpor foto yang akan kamu edit ke dalam Lightroom. Kamu bisa memilih foto yang ingin kamu edit dari galeri foto di perangkat kamu, atau kamu bisa memindahkan foto ke perangkat kamu terlebih dahulu jika foto tersebut belum ada di perangkatmu.

Jika kamu ingin mengimpor foto dari galeri foto, cukup klik ikon impor di bagian bawah layar aplikasi Lightroom. Setelah itu, pilih foto yang ingin kamu edit dari galeri foto kamu.

Jika kamu ingin memindahkan foto ke perangkat kamu terlebih dahulu, kamu bisa melakukannya melalui kabel USB atau menggunakan aplikasi transfer file seperti Google Drive atau Dropbox.

Cara mengimpor foto dari gallery

Langkah-langkah untuk mengimpor foto dari gallery adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Lightroom di perangkatmu.
  2. Pilih ikon impor di bagian bawah layar.
  3. Pilih foto yang ingin kamu edit dari galeri foto kamu.
  4. Klik tombol impor.

Cara memindahkan foto ke perangkatmu

Langkah-langkah untuk memindahkan foto ke perangkatmu adalah sebagai berikut:

  1. Sambungkan perangkatmu ke komputer menggunakan kabel USB.
  2. Buka folder file di perangkatmu.
  3. Pilih foto yang ingin kamu edit dan salin ke dalam folder.
  4. Buka aplikasi Lightroom di perangkatmu dan impor foto ke dalam aplikasi.

Langkah Kedua: Memilih Preset Editing Foto

Setelah mengimpor foto, langkah selanjutnya adalah memilih preset editing foto yang akan digunakan. Preset adalah konfigurasi pengaturan editing foto yang dapat digunakan untuk mempercepat proses editing foto. Lightroom memiliki banyak preset yang tersedia, mulai dari preset warna hingga preset hitam-putih.

Untuk memilih preset, klik ikon titik tiga di bagian kanan atas layar aplikasi Lightroom dan pilih “Presets”. Setelah itu, pilih preset yang ingin kamu gunakan untuk foto kamu.

Cara memilih preset editing foto

Langkah-langkah untuk memilih preset editing foto adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Lightroom di perangkatmu.
  2. Pilih foto yang ingin kamu edit.
  3. Klik ikon titik tiga di bagian kanan atas layar.
  4. Pilih “Presets”.
  5. Pilih preset yang ingin kamu gunakan untuk foto kamu.

Langkah Ketiga: Mengatur Exposure dan Kontras Foto

Setelah memilih preset, langkah selanjutnya adalah mengatur exposure dan kontras foto. Exposure mengacu pada jumlah cahaya yang masuk ke dalam kamera saat foto diambil, sedangkan kontras mengacu pada perbedaan antara highlight dan shadow dalam sebuah foto.

Untuk mengatur exposure dan kontras, klik ikon pengaturan di bagian bawah layar aplikasi Lightroom dan pilih “Exposure” atau “Kontras”. Setelah itu, atur pengaturan exposure dan kontras sesuai dengan keinginanmu.

Cara mengatur exposure dan kontras foto

Langkah-langkah untuk mengatur exposure dan kontras foto adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Lightroom di perangkatmu.
  2. Pilih foto yang ingin kamu edit.
  3. Klik ikon pengaturan di bagian bawah layar.
  4. Pilih “Exposure” atau “Kontras”.
  5. Atur pengaturan exposure dan kontras sesuai dengan keinginanmu.

Langkah Keempat: Mengatur White Balance Foto

White balance mengacu pada perubahan warna yang terjadi ketika cahaya yang masuk ke dalam kamera berbeda. Jika kamu ingin menambahkan efek tertentu pada foto kamu, kamu bisa mengatur white balance foto. Untuk mengatur white balance, klik ikon pengaturan di bagian bawah layar aplikasi Lightroom dan pilih “White Balance”. Setelah itu, atur pengaturan white balance sesuai dengan keinginanmu.

Cara mengatur white balance foto

Langkah-langkah untuk mengatur white balance foto adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Lightroom di perangkatmu.
  2. Pilih foto yang ingin kamu edit.
  3. Klik ikon pengaturan di bagian bawah layar.
  4. Pilih “White Balance”.
  5. Atur pengaturan white balance sesuai dengan keinginanmu.

Langkah Kelima: Menambahkan Efek dan Filter Foto

Jika kamu ingin menambahkan efek atau filter pada foto kamu, kamu bisa melakukannya dengan Lightroom. Lightroom memiliki banyak efek dan filter yang tersedia, mulai dari efek cahaya hingga efek blur. Untuk menambahkan efek atau filter, klik ikon pengaturan di bagian bawah layar aplikasi Lightroom dan pilih “Efek” atau “Filter”. Setelah itu, pilih efek atau filter yang ingin kamu gunakan.

Cara menambahkan efek dan filter foto

Langkah-langkah untuk menambahkan efek dan filter foto adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Lightroom di perangkatmu.
  2. Pilih foto yang ingin kamu edit.
  3. Klik ikon pengaturan di bagian bawah layar.
  4. Pilih “Efek” atau “Filter”.
  5. Pilih efek atau filter yang ingin kamu gunakan.

Frequently Asked Questions

Pertanyaan Jawaban
Apakah Lightroom gratis? Lightroom memiliki versi gratis dan berbayar. Versi gratis dapat diunduh dari App Store atau Google Play Store, sedangkan versi berbayar dapat dibeli melalui situs web Adobe.
Apakah Lightroom sulit digunakan? Lightroom cukup mudah digunakan, terutama jika kamu sudah terbiasa dengan aplikasi pengedit foto lainnya. Ada banyak tutorial dan panduan yang tersedia di internet untuk membantumu memulai menggunakan Lightroom.
Apakah Lightroom hanya tersedia untuk perangkat mobile? Tidak. Lightroom juga tersedia untuk desktop dan laptop. Kamu bisa mengunduh aplikasi Lightroom dari situs web Adobe dan menggunakannya di komputer kamu.
Apakah saya harus menggunakan preset dan filter pada Lightroom? Tidak. Preset dan filter hanyalah salah satu cara untuk mempercepat proses editing foto. Kamu bisa mengedit foto tanpa menggunakan preset atau filter dan tetap mendapatkan hasil yang bagus.
Apakah saya bisa menyimpan foto yang sudah diedit di Lightroom ke galeri foto? Ya. Setelah selesai mengedit foto di Lightroom, kamu bisa menyimpan foto tersebut ke galeri foto di perangkat kamu dengan cara mengekspornya melalui aplikasi Lightroom.

Kesimpulan dan Saran

Mengedit foto di Lightroom tidak sulit, terutama jika kamu mengikuti panduan di atas. Dengan mengedit foto di Lightroom, kamu bisa membuat foto kamu terlihat lebih menarik dan profesional. Namun, ingatlah bahwa editing foto hanyalah salah satu cara untuk membuat foto kamu terlihat bagus. Yang lebih penting adalah konten foto itu sendiri. Jadi, pastikan kamu memilih subjek yang menarik dan mengambil foto dengan teknik yang tepat sebelum memulai proses editing.

Terakhir, saran kami adalah untuk tidak terlalu bergantung pada preset dan filter dalam editing foto. Setiap foto memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga kamu harus mengatur pengaturan editing foto secara manual agar sesuai dengan foto yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih personal dan unik untuk setiap foto kamu.

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.