Home » Tutorial » Cara Menambahkan Background di Excel untuk Meningkatkan Tampilan dan Fungsi

Cara Menambahkan Background di Excel untuk Meningkatkan Tampilan dan Fungsi

Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang paling populer di dunia. Namun, terkadang tampilan dari file Excel yang kita buat terlihat membosankan dan monoton. Salah satu cara untuk meningkatkan tampilan dan fungsi dari file Excel yang kita buat adalah dengan menambahkan background. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menambahkan background di Excel secara lengkap dan mudah dipahami.

Sebelum kita membahas cara menambahkan background di Excel, ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu. Pertama, background yang kita tambahkan hanya akan terlihat pada halaman cetak dan saat kita mengekspor file ke format PDF. Kedua, background tidak akan terlihat saat kita membuka file Excel secara langsung. Kita juga harus memperhatikan kontras dan warna background agar tidak mengganggu ketika kita membaca data atau informasi yang ada di dalamnya.

Langkah-langkah Menambahkan Background di Excel

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menambahkan background di Excel:

1. Pilih Halaman yang Ingin Ditambahkan Background

Pertama, kita perlu memilih halaman atau lembar kerja yang ingin kita tambahkan background. Kita bisa memilih satu halaman atau beberapa halaman sekaligus. Caranya, klik tab lembar kerja yang ingin kita tambahkan background pada bagian bawah layar.

2. Pilih Jenis Background yang Ingin Ditambahkan

Kedua, kita perlu memilih jenis background yang ingin kita tambahkan. Excel menyediakan beberapa pilihan jenis background seperti gambar, warna solid, dan gradasi warna. Kita bisa memilih jenis background yang sesuai dengan tema atau tujuan file Excel yang kita buat.

3. Menambahkan Gambar sebagai Background

Jika kita ingin menambahkan gambar sebagai background, kita perlu memilih menu “Page Layout” pada ribbon, lalu pilih “Background”. Setelah itu, klik “Browse” untuk memilih gambar yang ingin kita gunakan. Klik “Insert” untuk menambahkan gambar sebagai background.

4. Menambahkan Warna Solid sebagai Background

Jika kita ingin menambahkan warna solid sebagai background, kita perlu memilih menu “Page Layout” pada ribbon, lalu pilih “Background”. Setelah itu, pilih “Solid Fill” dan pilih warna yang ingin kita gunakan. Klik “OK” untuk menambahkan warna solid sebagai background.

5. Menambahkan Gradasi Warna sebagai Background

Jika kita ingin menambahkan gradasi warna sebagai background, kita perlu memilih menu “Page Layout” pada ribbon, lalu pilih “Background”. Setelah itu, pilih “Gradient Fill” dan pilih jenis gradasi warna yang ingin kita gunakan. Klik “OK” untuk menambahkan gradasi warna sebagai background.

Cara Menghapus Background di Excel

Jika kita ingin menghapus background yang sudah kita tambahkan di Excel, kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pilih Halaman yang Ingin Dihapus Background-nya

Pertama, pilih halaman atau lembar kerja yang ingin kita hapus background-nya. Kita bisa memilih satu halaman atau beberapa halaman sekaligus. Caranya, klik tab lembar kerja yang ingin kita hapus background-nya pada bagian bawah layar.

2. Hapus Background

Kedua, kita bisa menghapus background dengan memilih menu “Page Layout” pada ribbon, lalu pilih “Background”. Setelah itu, pilih “No Fill” untuk menghapus background yang sudah kita tambahkan.

Keuntungan Menambahkan Background di Excel

Menambahkan background di Excel memiliki beberapa keuntungan antara lain:

1. Menambahkan Nilai Estetika

Dengan menambahkan background, file Excel yang kita buat akan terlihat lebih menarik dan estetis. Hal ini akan membuat orang lebih tertarik untuk membaca dan menggunakan file Excel yang kita buat.

2. Memudahkan Identifikasi

Dengan menambahkan background yang berbeda pada setiap halaman atau lembar kerja, kita bisa memudahkan identifikasi dan navigasi pada file Excel yang kita buat. Hal ini akan sangat membantu jika kita memiliki file Excel yang terdiri dari banyak halaman atau lembar kerja.

3. Memperjelas Informasi

Dengan menambahkan background yang tepat, kita bisa memperjelas informasi yang ada pada file Excel yang kita buat. Background yang kontras atau mempunyai warna yang berbeda dengan informasi yang ditampilkan akan memudahkan pembaca untuk mengidentifikasi informasi tersebut dengan cepat dan mudah.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Apakah background yang kita tambahkan akan terlihat saat membuka file Excel secara langsung? Tidak, background hanya akan terlihat pada halaman cetak dan saat kita mengekspor file ke format PDF.
2. Apa yang perlu diperhatikan saat menambahkan background di Excel? Kita perlu memperhatikan kontras dan warna background agar tidak mengganggu ketika kita membaca data atau informasi yang ada di dalamnya.
3. Bagaimana cara menghapus background di Excel? Kita bisa menghapus background dengan memilih menu “Page Layout” pada ribbon, lalu pilih “Background”. Setelah itu, pilih “No Fill” untuk menghapus background yang sudah kita tambahkan.
4. Apa keuntungan menambahkan background di Excel? Menambahkan background di Excel memiliki beberapa keuntungan antara lain menambahkan nilai estetika, memudahkan identifikasi, dan memperjelas informasi.
5. Apa jenis background yang tersedia di Excel? Excel menyediakan beberapa pilihan jenis background seperti gambar, warna solid, dan gradasi warna.

Kesimpulan

Menambahkan background di Excel adalah salah satu cara untuk meningkatkan tampilan dan fungsi dari file Excel yang kita buat. Kita bisa memilih jenis background sesuai dengan tema atau tujuan file Excel yang kita buat. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan kontras dan warna background agar tidak mengganggu ketika kita membaca data atau informasi yang ada di dalamnya. Dengan menambahkan background yang tepat, kita bisa memperjelas informasi dan memudahkan identifikasi pada file Excel yang kita buat. Oleh karena itu, cobalah untuk menambahkan background pada file Excel yang Anda buat untuk meningkatkan tampilan dan fungsi.

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.