Home » Kinemaster » Cara Mempercepat Durasi Video di Kinemaster

Cara Mempercepat Durasi Video di Kinemaster

Pengenalan

Hai sobat rasya.id! Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi edit video yang bernama Kinemaster. Aplikasi ini sangat populer dan banyak digunakan oleh para content creator, baik itu di YouTube, Instagram, atau platform sosial media lainnya. Salah satu fitur yang membuat Kinemaster menjadi pilihan banyak orang adalah kemampuannya untuk mempercepat video. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mempercepat durasi video di Kinemaster.

Sebelum kita mulai, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Kinemaster terlebih dahulu. Jika belum, kamu bisa mengunduhnya di Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna Apple).

Setelah itu, buka aplikasi Kinemaster dan pilih proyek video yang ingin kamu edit. Kamu bisa memilih video dari galeri ponselmu atau merekamnya langsung dari aplikasi Kinemaster.

Cara Mempercepat Video

Setelah memilih video yang ingin di edit, langkah selanjutnya adalah mempercepat durasi videonya. Berikut adalah cara-cara mempercepat video di Kinemaster:

1. Gunakan Fitur Speed Control

Fitur Speed Control adalah cara paling mudah untuk mempercepat durasi video di Kinemaster. Kamu bisa menemukan fitur ini di bagian bawah layar aplikasi Kinemaster. Kamu tinggal geser slider Speed Control ke kanan untuk mempercepat video atau ke kiri untuk memperlambatnya. Nah, untuk mempercepat durasi video, geser slider ke arah kanan.

Jika ingin mempercepat video secara spesifik, kamu bisa menggunakan fitur Speed Control untuk mengatur persentase kecepatan yang diinginkan. Misalnya, kamu ingin mempercepat video menjadi 2 kali lipat dari kecepatan aslinya, maka atur persentase Speed Control menjadi 200%.

2. Potong Video

Cara kedua adalah dengan memotong video menjadi beberapa bagian. Kamu bisa memotong bagian video yang ingin dipercepat dan meninggalkan bagian video yang tidak perlu dipercepat. Setelah itu, kamu bisa mempercepat bagian video yang dipotong dengan menggunakan fitur Speed Control seperti pada cara pertama.

Potong video dapat membantu kamu memfokuskan pada bagian-bagian penting dalam video dan mempercepat bagian yang tidak diperlukan. Ini dapat mempercepat waktu editing dan juga membuat video menjadi lebih menarik.

3. Gunakan Fitur Ramp

Fitur Ramp adalah fitur yang memungkinkan kamu mempercepat video secara bertahap. Kamu bisa mengatur awal dan akhir dari video yang ingin dipercepat. Misalnya, kamu ingin mempercepat bagian tengah video saja, maka kamu bisa mengatur awal dan akhir ramp pada bagian tengah video tersebut.

Dalam penggunaannya, kamu bisa menekan tombol Ramp yang terdapat pada bagian bawah layar aplikasi Kinemaster. Setelah itu, kamu bisa menentukan durasi ramp dan persentase kecepatannya. Fitur Ramp ini sangat berguna untuk membuat transisi yang mulus dari kecepatan normal menjadi kecepatan yang lebih cepat.

4. Gunakan Fitur Time Lapse

Fitur Time Lapse adalah fitur yang mempercepat durasi video secara signifikan. Jika kamu ingin mempercepat video hingga 10 kali lipat atau lebih, maka kamu bisa menggunakan fitur Time Lapse. Fitur ini akan membuat video menjadi terlihat seperti film yang dipercepat.

Untuk menggunakan fitur Time Lapse, kamu bisa menekan tombol Time Lapse yang terdapat pada bagian bawah layar aplikasi Kinemaster. Setelah itu, kamu bisa mengatur kecepatan Time Lapse yang diinginkan.

5. Gunakan Fitur Keyframe

Fitur Keyframe adalah fitur yang memungkinkan kamu mengatur kecepatan video secara manual. Kamu bisa mengatur kecepatan video pada setiap frame atau penggunaan kunci (key). Fitur Keyframe ini sangat berguna jika kamu ingin membuat efek yang rumit pada video.

Untuk menggunakan fitur Keyframe, kamu bisa menekan tombol Keyframe yang terdapat pada bagian bawah layar aplikasi Kinemaster. Setelah itu, kamu bisa menambahkan kunci pada bagian-bagian tertentu dalam video dan mengatur kecepatannya.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah Kinemaster gratis? Ada versi gratis dan versi berbayar. Kamu bisa menggunakan versi gratis, namun fiturnya akan terbatas.
Apa kelebihan Kinemaster dibanding aplikasi edit video lainnya? Kinemaster memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung layer video yang artinya kamu bisa menambahkan beberapa layer video dalam satu proyek.
Bisakah saya mempercepat video hingga 10 kali lipat? Ya, kamu bisa menggunakan fitur Time Lapse untuk mempercepat video hingga 10 kali lipat atau lebih.
Apakah saya bisa memperlambat video dengan Kinemaster? Ya, Kamu bisa menggunakan fitur Speed Control untuk memperlambat video.
Bisakah saya mempercepat video secara spesifik? Ya, kamu bisa menggunakan fitur Speed Control untuk mengatur persentase kecepatan yang diinginkan.

Kesimpulan dan Saran

Demikianlah cara mempercepat durasi video di Kinemaster. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat durasi video di Kinemaster seperti menggunakan fitur Speed Control, Potong Video, Gunakan Fitur Ramp, Gunakan Fitur Time Lapse, dan Gunakan Fitur Keyframe. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa juga untuk mengatur kecepatan video dengan seimbang agar video tetap terlihat natural dan tidak terlalu cepat. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.