Home » Tutorial » Cara Membuat Foto Menjadi Kartun di Photoshop

Cara Membuat Foto Menjadi Kartun di Photoshop

Pengenalan

Photoshop adalah salah satu software editing foto terpopuler di dunia. Dengan fitur-fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengedit foto dengan mudah dan cepat, Photoshop menjadi pilihan utama bagi para fotografer dan editor profesional.

Salah satu fitur yang menarik dari Photoshop adalah kemampuannya untuk membuat foto menjadi kartun. Dengan cara yang mudah dan sederhana, kamu bisa mengubah foto biasa menjadi sebuah kartun yang lucu dan menggemaskan.

Di artikel ini, kita akan membahas secara detail bagaimana cara membuat foto menjadi kartun di Photoshop. Simak ulasannya di bawah ini!

Tutorial Cara Membuat Foto Menjadi Kartun di Photoshop

1. Langkah Pertama: Buka Foto yang Akan Diedit

Langkah pertama dalam membuat foto menjadi kartun di Photoshop adalah dengan membuka foto yang akan diedit. Kamu bisa membuka foto tersebut dengan cara klik “File” dan pilih “Open” atau menggunakan shortcut “Ctrl+O”. Pilih foto yang ingin kamu edit dan klik “Open”.

Pastikan foto yang kamu pilih memiliki resolusi yang cukup tinggi agar hasil editannya tidak pecah atau blur.

2. Langkah Kedua: Duplikat Layer Foto

Setelah membuka foto yang akan diedit, langkah selanjutnya adalah dengan menduplikat layer foto tersebut. Caranya adalah dengan klik kanan pada layer foto dan pilih “Duplicate Layer”. Kamu bisa juga menggunakan shortcut “Ctrl+J” untuk menduplikat layer.

Dengan menduplikat layer, kamu bisa mengedit foto secara lebih fleksibel tanpa mengubah layer aslinya.

3. Langkah Ketiga: Ubah Mode Layer Menjadi “Multiply”

Setelah menduplikat layer foto, langkah selanjutnya adalah dengan mengubah mode layer menjadi “Multiply”. Caranya adalah dengan klik pada dropdown menu mode layer dan pilih “Multiply”.

Dengan mengubah mode layer, kita akan membuat foto terlihat lebih gelap dan kontras sehingga lebih mudah untuk diubah menjadi kartun.

4. Langkah Keempat: Buat Layer Baru

Langkah selanjutnya dalam membuat foto menjadi kartun adalah dengan membuat layer baru. Layer baru ini akan digunakan untuk membuat efek kartun pada foto.

Cara membuat layer baru adalah dengan klik ikon “New Layer” di bagian bawah panel layers atau menggunakan shortcut “Ctrl+Shift+N”.

5. Langkah Kelima: Menerapkan Filter “Find Edges”

Setelah membuat layer baru, langkah selanjutnya adalah dengan menerapkan filter “Find Edges” pada layer tersebut. Caranya adalah dengan klik pada menu “Filter” dan pilih “Stylize” kemudian pilih “Find Edges”.

Filter “Find Edges” akan membuat foto terlihat seperti sketsa sehingga lebih mudah untuk diubah menjadi kartun.

Langkah-Langkah Lanjutan

1. Menghapus Background

Setelah menerapkan filter “Find Edges”, langkah selanjutnya adalah dengan menghapus background pada foto. Background yang dihapus adalah bagian yang tidak ingin ditampilkan pada foto kartun.

Caranya adalah dengan menggunakan “Magic Wand Tool” atau “Lasso Tool” untuk memilih background yang ingin dihapus. Setelah dipilih, klik “Delete” pada keyboard untuk menghapusnya.

2. Menerapkan Efek “Posterize”

Setelah menghapus background pada foto, langkah selanjutnya adalah dengan menerapkan efek “Posterize”. Efek ini akan membuat foto terlihat seperti kartun dengan warna-warna yang lebih solid.

Caranya adalah dengan klik pada menu “Image” dan pilih “Adjustments” kemudian pilih “Posterize”. Atur level posterize sesuai dengan keinginan kamu.

3. Menerapkan Efek “Threshold”

Langkah selanjutnya adalah dengan menerapkan efek “Threshold”. Efek ini akan membuat foto terlihat lebih kontras dan jelas.

Caranya adalah dengan klik pada menu “Image” dan pilih “Adjustments” kemudian pilih “Threshold”. Atur level threshold sesuai dengan keinginan kamu.

4. Mengatur Warna pada Kartun

Setelah menerapkan efek “Posterize” dan “Threshold”, langkah selanjutnya adalah dengan mengatur warna pada kartun. Kamu bisa memilih warna-warna yang sesuai dengan keinginan kamu.

Cara mengatur warna adalah dengan menggunakan “Paint Bucket Tool” untuk mewarnai bagian-bagian pada foto. Kamu juga bisa menggunakan “Gradient Tool” untuk membuat efek gradasi pada kartun.

5. Finishing Touches

Setelah kartun selesai dibuat, langkah terakhir adalah dengan memberikan finishing touches pada foto. Kamu bisa menambahkan teks atau efek lain pada foto untuk membuatnya lebih menarik.

Setelah selesai, jangan lupa untuk menyimpan foto dalam format yang sesuai seperti JPEG atau PNG.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Apakah Photoshop sulit digunakan? Meskipun Photoshop memiliki banyak fitur, namun penggunaannya cukup mudah dan dapat dipelajari dengan cepat.
2. Apakah saya memerlukan komputer yang kuat untuk menggunakan Photoshop? Tidak, kamu tidak memerlukan komputer yang kuat untuk menggunakan Photoshop. Namun, disarankan untuk menggunakan komputer dengan spesifikasi yang memadai agar proses editing lebih cepat.
3. Apakah saya harus membeli Photoshop untuk menggunakannya? Ya, untuk menggunakannya secara legal kamu harus membeli lisensinya. Namun, ada juga versi trial yang bisa kamu gunakan secara gratis dalam waktu tertentu.
4. Apakah saya bisa membuat kartun dari foto selfie? Tentu saja, kamu bisa membuat kartun dari foto selfie dengan mengikuti tutorial ini.
5. Apakah saya bisa membagikan kartun yang sudah saya buat ke sosial media? Tentu saja, kamu bisa membagikan kartun yang sudah kamu buat ke sosial media atau platform lainnya.

Kesimpulan dan Saran

Secara singkat, membuat foto menjadi kartun di Photoshop adalah proses yang mudah dan sederhana. Dengan mengikuti tutorial di atas, kamu bisa membuat kartun dari foto favoritmu dalam waktu yang singkat.

Jangan lupa untuk berlatih dan eksperimen dengan berbagai tools dan fitur di Photoshop untuk menghasilkan kartun yang lebih kreatif dan menarik. Selamat mencoba!

Demikianlah tutorial mengenai cara membuat foto menjadi kartun di Photoshop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.