Home » Canva » Cara Membuat Background Transparan di Canva

Cara Membuat Background Transparan di Canva

Pengantar

Hai sobat rasya.id, apakah kamu sedang mencari cara membuat background transparan di Canva? Jika iya, kamu berada di artikel yang tepat. Canva merupakan salah satu aplikasi desain grafis yang cukup populer dan mudah digunakan. Dalam Canva, terdapat banyak fitur menarik salah satunya adalah membuat background transparan. Namun, fitur ini masih banyak yang belum mengetahui caranya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap cara membuat background transparan di Canva.

Sebelum memulai tutorial, pastikan kamu sudah memiliki akun Canva. Jika belum, kamu bisa mendaftar secara gratis di situs web Canva. Setelah itu, kamu bisa langsung masuk ke akun dan memulai tutorial cara membuat background transparan di Canva berikut ini.

Sebelum memulai tutorial, pastikan kamu sudah memiliki gambar atau desain yang ingin dihapus backgroundnya terlebih dahulu. Untuk tutorial ini, kita akan menggunakan contoh gambar logo sederhana sebagai bahan latihan.

Langkah-langkah Membuat Background Transparan di Canva

1. Masukkan Gambar ke Canva

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan gambar yang ingin dihapus backgroundnya ke Canva. Kamu bisa memasukkan gambar dengan mengklik tombol “Upload” di Canva dan memilih gambar yang ingin dimasukkan. Setelah gambar berhasil dimasukkan, kamu akan melihat tampilan gambar tersebut di layar Canva.

2. Pilih Background Remover

Setelah gambar berhasil dimasukkan, kamu bisa langsung menghapus backgroundnya dengan memilih fitur “Background Remover” di Canva. Fitur ini akan secara otomatis menghapus background gambar yang kamu pilih dan menggantinya dengan background transparan.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu hanya perlu mengklik gambar yang ingin dihapus backgroundnya dan memilih opsi “Background Remover” yang berada di bagian atas layar Canva. Setelah itu, Canva akan secara otomatis menghapus background gambar dan menggantinya dengan background transparan.

3. Sesuaikan Hasil dengan Kebutuhan

Setelah background berhasil dihapus, kamu bisa menyesuaikan hasil dengan kebutuhan kamu. Kamu bisa melakukan cropping, merubah ukuran, atau menyesuaikan posisi gambar sesuai keinginan kamu. Untuk melakukan hal ini, kamu bisa menggunakan fitur “Crop”, “Resize”, atau “Position” yang berada di bagian atas layar Canva.

Setelah melakukan penyesuaian, kamu bisa menyimpan hasil akhir dengan mengklik tombol “Download” di Canva. Kamu bisa memilih format file yang ingin digunakan dan mengunduh hasil akhir.

4. Menambahkan Background Baru

Jika kamu ingin menambahkan background baru ke hasil akhir, kamu bisa menggunakan fitur “Background” di Canva. Fitur ini akan memungkinkan kamu untuk menambahkan berbagai jenis background ke hasil akhir. Kamu bisa memilih background yang sudah tersedia di Canva atau mengupload background kamu sendiri.

Setelah memilih background, kamu bisa menyesuaikan opasitas atau tingkat transparansi background sesuai keinginan kamu. Kamu bisa menyesuaikan opasitas dengan menggunakan fitur “Opacity” di Canva.

5. Simpan Hasil Akhir

Setelah semua penyesuaian selesai dilakukan, kamu bisa menyimpan hasil akhir dengan mengklik tombol “Download” di Canva. Kamu bisa memilih format file yang ingin digunakan dan mengunduh hasil akhir.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Apakah Canva bisa digunakan secara gratis? Ya, Canva bisa digunakan secara gratis. Namun, terdapat fitur premium yang hanya bisa diakses dengan berlangganan Canva Pro.
2. Apakah Canva bisa digunakan di smartphone? Ya, Canva bisa digunakan di smartphone dengan mengunduh aplikasi Canva di App Store atau Google Play Store.
3. Apakah Canva bisa digunakan untuk membuat desain grafis lain selain background transparan? Ya, Canva bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis desain grafis seperti poster, spanduk, kartu nama, dan lain-lain.
4. Bisakah saya menghapus background gambar yang rumit dengan Canva? Ya, Canva bisa menghapus background gambar yang rumit dengan menggunakan fitur “Background Remover”. Namun, hasilnya mungkin tidak 100% akurat.
5. Bagaimana cara berlangganan Canva Pro? Kamu bisa berlangganan Canva Pro dengan mengunjungi situs web Canva dan memilih opsi “Upgrade to Pro” di bagian atas layar.

Kesimpulan dan Saran

Demikian tutorial cara membuat background transparan di Canva. Dengan mengikuti tutorial ini, kamu bisa dengan mudah menghapus background gambar kamu dan menggantinya dengan background transparan. Canva merupakan aplikasi desain grafis yang sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin membuat desain grafis dengan mudah dan cepat.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa berlangganan Canva Pro untuk mengakses fitur premium yang tersedia. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kursus atau pelatihan desain grafis untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam membuat desain grafis.

Jangan lupa, terus berlatih dan eksplorasi fitur-fitur yang tersedia di Canva untuk menciptakan desain grafis yang menarik dan berkualitas. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.