Home » Tutorial » Cara Membuat Background Power Point dengan Gambar Sendiri

Cara Membuat Background Power Point dengan Gambar Sendiri

PowerPoint adalah salah satu perangkat lunak presentasi yang paling populer di dunia. Dengan PowerPoint, Anda dapat membuat presentasi yang menarik dan informatif. Namun, terkadang Anda mungkin bosan dengan latar belakang bawaan PowerPoint dan ingin membuat latar belakang sendiri dengan gambar yang Anda pilih. Artikel ini akan memberikan panduan tentang cara membuat background PowerPoint dengan gambar sendiri, sehingga Anda dapat membuat presentasi yang lebih personal dan menarik.

Langkah Persiapan

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah memiliki gambar yang ingin digunakan sebagai background PowerPoint. Pastikan juga gambar memiliki resolusi yang cukup tinggi dan sesuai dengan ukuran layar PowerPoint.

Pertama, buka PowerPoint dan buat presentasi baru. Pilih ukuran slide yang Anda inginkan dan klik ‘Create’.

Selanjutnya, pilih tab ‘Design’ di bagian atas layar dan klik ‘Format Background’.

Kemudian, pilih ‘Picture or texture fill’ di bagian atas panel kanan, lalu klik ‘File’ dan pilih gambar yang ingin digunakan sebagai background.

Setelah itu, klik ‘Insert’ dan gambar akan ditampilkan sebagai latar belakang slide Anda.

Menyesuaikan Gambar

Jika Anda ingin menyesuaikan gambar agar sesuai dengan presentasi Anda, Anda dapat mengubah beberapa pengaturan pada ‘Format Background’.

Pertama, pastikan ‘Tile picture as texture’ tidak dicentang, sehingga gambar hanya ditampilkan satu kali dan tidak diulang-ulang.

Selanjutnya, atur opsi ‘Transparency’ untuk membuat gambar menjadi lebih transparan atau kurang transparan.

Anda juga dapat mengatur opsi ‘Offset X’ dan ‘Offset Y’ untuk mengatur posisi gambar pada slide Anda.

Terakhir, Anda dapat mengatur opsi ‘Scale’ untuk memperbesar atau memperkecil gambar agar sesuai dengan ukuran slide Anda.

Menambahkan Efek ke Gambar

Jika Anda ingin menambahkan efek ke gambar sebagai latar belakang PowerPoint, Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara.

Salah satu cara paling sederhana adalah dengan menambahkan efek bayangan ke gambar. Untuk melakukannya, klik ‘Effects’ di bagian bawah panel kanan dan pilih ‘Drop Shadow’.

Anda juga dapat menambahkan efek ‘Blur’ atau ‘Artistic Effects’ pada gambar untuk membuatnya terlihat lebih menarik.

Atau, Anda dapat menggunakan fitur ‘Crop’ untuk memotong gambar dan mengubah komposisinya agar sesuai dengan presentasi Anda.

Menambahkan Text Box ke Gambar

Jika Anda ingin menambahkan teks ke gambar sebagai latar belakang PowerPoint, Anda dapat melakukannya dengan menambahkan ‘Text Box’ ke slide Anda.

Pertama, klik ‘Insert’ di bagian atas layar, lalu pilih ‘Text Box’.

Kemudian, klik dan geser di slide untuk membuat kotak teks baru. Ketik teks yang ingin Anda tambahkan dan atur ukuran, warna, dan font teks sesuai keinginan Anda.

Terakhir, atur posisi ‘Text Box’ pada slide untuk mengatur tampilan latar belakang dan teks Anda.

Menyimpan Background PowerPoint dengan Gambar Sendiri

Setelah selesai membuat background PowerPoint dengan gambar sendiri, pastikan untuk menyimpan perubahan Anda. Ada beberapa cara untuk menyimpan background PowerPoint dengan gambar sendiri.

Pertama, Anda dapat menyimpan presentasi sebagai file ‘Template’ dengan menekan ‘Save As’ dan memilih ‘PowerPoint Template’ sebagai jenis file. Dengan cara ini, latar belakang yang telah dibuat dapat digunakan untuk membuat presentasi baru dan dapat digunakan kembali di masa depan.

Atau, Anda dapat menyimpan presentasi sebagai file ‘Picture’ dengan menekan ‘Save As’ dan memilih ‘JPEG’ atau ‘PNG’ sebagai jenis file. Dengan cara ini, latar belakang yang telah dibuat dapat digunakan sebagai gambar pada dokumen atau situs web lainnya.

Menyimpan Template Background PowerPoint dengan Gambar Sendiri

Untuk menyimpan background PowerPoint dengan gambar sendiri sebagai template, lakukan langkah berikut:

Pertama, buka presentasi yang memiliki background PowerPoint dengan gambar sendiri yang ingin Anda simpan sebagai template.

Selanjutnya, klik ‘File’ di bagian atas layar dan pilih ‘Save As’.

Pilih ‘PowerPoint Template’ sebagai jenis file dan beri nama pada template Anda. Pastikan untuk menyimpan template di folder yang mudah diakses agar mudah ditemukan di masa depan.

Setelah itu, klik ‘Save’ dan template Anda sekarang telah disimpan dan dapat digunakan untuk membuat presentasi baru di masa depan.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya perlu memiliki gambar sendiri untuk membuat background PowerPoint? Ya, Anda harus memiliki gambar yang ingin digunakan sebagai latar belakang PowerPoint.
Apakah saya bisa menggunakan gambar dari internet sebagai latar belakang PowerPoint saya? Ya, Anda dapat menggunakan gambar dari internet, namun pastikan untuk memperhatikan hak cipta dan lisensi gambar tersebut.
Apakah saya bisa menggunakan beberapa gambar sebagai latar belakang PowerPoint? Ya, Anda dapat menggunakan beberapa gambar, namun pastikan untuk menyesuaikan ukuran dan posisi gambar agar sesuai dengan presentasi Anda.
Apakah saya dapat menyimpan background PowerPoint dengan gambar sendiri sebagai template? Ya, Anda dapat menyimpan background PowerPoint dengan gambar sendiri sebagai template dan dapat digunakan kembali di masa depan.
Apakah saya bisa menambahkan efek ke gambar sebagai latar belakang PowerPoint? Ya, Anda dapat menambahkan efek seperti bayangan, blur, dan artistic effects ke gambar sebagai latar belakang PowerPoint.

Kesimpulan dan Saran

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan tentang cara membuat background PowerPoint dengan gambar sendiri. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda dapat membuat presentasi yang lebih personal dan menarik.

Untuk saran, pastikan untuk memilih gambar yang sesuai dengan topik presentasi Anda dan jangan terlalu berlebihan dalam menambahkan efek atau teks ke gambar sebagai latar belakang PowerPoint. Selain itu, simpan template background PowerPoint dengan gambar sendiri agar dapat digunakan kembali di masa depan.

Semoga artikel ini membantu Anda dalam membuat presentasi yang lebih menarik dan informatif!

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.