Home » Edit Foto » Cara Hapus Objek di Picsart: Tutorial Lengkap

Cara Hapus Objek di Picsart: Tutorial Lengkap

Pengenalan Picsart dan Alat yang Dibutuhkan

Picsart adalah aplikasi edit foto yang populer di kalangan pengguna smartphone. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengedit foto dengan mudah dan menyenangkan. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah menghapus objek dari foto. Untuk melakukan hal ini, ada beberapa alat yang diperlukan, seperti:

  • Alat seleksi: digunakan untuk memilih objek yang akan dihapus
  • Alat crop: digunakan untuk memotong foto
  • Alat clone: digunakan untuk menggandakan bagian dari foto
  • Alat blur: digunakan untuk memblur bagian foto yang diinginkan

Dalam tutorial ini, kita akan membahas cara menggunakan alat-alat tersebut untuk menghapus objek dari foto menggunakan Picsart.

1. Alat Seleksi

Alat seleksi adalah alat yang paling penting dalam menghapus objek dari foto. Picsart memiliki beberapa jenis alat seleksi, seperti Free Crop, Magic Clipper, dan Smart Select. Untuk menggunakan alat seleksi, pertama-tama kita harus memilih alat yang sesuai dengan jenis objek yang akan dihapus. Misalnya, jika objeknya memiliki garis yang jelas, maka Smart Select bisa menjadi pilihan yang tepat.

Setelah memilih alat seleksi yang tepat, langkah selanjutnya adalah menandai objek yang akan dihapus. Jika objeknya memiliki garis yang jelas, kita bisa menandai objek tersebut dengan mengikuti garisnya. Namun, jika objeknya memiliki bentuk yang kompleks, maka kita bisa menggunakan alat zoom untuk memperbesar foto dan menandai objek dengan lebih detail.

Setelah objek berhasil ditandai, kita bisa menggunakan alat crop untuk memotong foto dan menghapus objek yang telah ditandai. Jika ada bagian dari foto yang kosong setelah objek dihapus, kita bisa menggunakan alat clone atau blur untuk mengisi bagian tersebut atau memblur bagian yang tidak diinginkan.

2. Alat Crop

Alat crop adalah alat yang digunakan untuk memotong foto. Alat ini sangat berguna untuk menghapus objek dari foto karena kita bisa memotong foto dan menghilangkan objek yang tidak diinginkan. Untuk menggunakan alat crop, kita bisa menandai area yang ingin dipotong dengan menggunakan alat seleksi atau langsung menggunakan alat crop dengan menggeser garis-garis yang ada.

Setelah menandai area yang ingin dipotong, kita bisa menekan tombol “crop” untuk memotong foto. Jika ada bagian dari foto yang kosong setelah objek dihapus, kita bisa menggunakan alat clone atau blur untuk mengisi bagian tersebut atau memblur bagian yang tidak diinginkan.

3. Alat Clone

Alat clone adalah alat yang digunakan untuk menggandakan bagian dari foto. Alat ini sangat berguna jika kita ingin mengisi bagian kosong setelah menghapus objek dari foto. Untuk menggunakan alat clone, kita harus memilih alat yang tepat dan menentukan area yang ingin digandakan. Setelah itu, kita bisa menggeser area tersebut ke area yang kosong dan melepas jari dari layar untuk menggandakan area tersebut.

Alat clone bisa digunakan secara terus-menerus untuk mengisi area yang kosong hingga foto terlihat sempurna. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan alat clone yang berlebihan bisa membuat foto terlihat tidak alami.

4. Alat Blur

Alat blur adalah alat yang digunakan untuk memblur bagian foto yang tidak diinginkan. Alat ini sangat berguna jika ada bagian dari foto yang ingin dihilangkan namun tidak ingin digantikan dengan area kosong atau area yang di-clone. Untuk menggunakan alat blur, kita harus memilih alat yang tepat dan menandai area yang ingin diblur. Setelah itu, kita bisa memilih tingkat kebluran yang diinginkan dan menekan tombol “apply” untuk memblur area tersebut.

Alat blur bisa digunakan secara terus-menerus untuk memblur area yang diinginkan hingga foto terlihat sempurna. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan alat blur yang berlebihan bisa membuat foto terlihat tidak alami.

Pertanyaan Umum tentang Cara Hapus Objek di Picsart

Pertanyaan Jawaban
1. Apakah Picsart bisa digunakan di semua jenis smartphone? Ya, Picsart bisa digunakan di semua jenis smartphone.
2. Bagaimana cara mendownload Picsart? Anda bisa mendownload Picsart melalui Google Play Store atau App Store.
3. Apakah alat seleksi di Picsart mudah digunakan? Ya, alat seleksi di Picsart sangat mudah digunakan.
4. Apakah saya bisa menghapus objek yang terletak di belakang objek lain? Tidak, untuk menghapus objek yang terletak di belakang objek lain, Anda perlu menggunakan aplikasi edit foto yang lebih canggih.
5. Apakah Picsart gratis? Ya, Picsart bisa didownload secara gratis. Namun, ada beberapa fitur yang hanya bisa digunakan dengan membayar.

Kesimpulan dan Saran

Dalam tutorial ini, kita telah membahas cara hapus objek di Picsart menggunakan alat seleksi, crop, clone, dan blur. Meskipun Picsart memiliki berbagai fitur yang memudahkan pengguna untuk mengedit foto, namun ada beberapa objek yang sulit dihapus menggunakan aplikasi ini. Jika Anda ingin menghapus objek yang kompleks atau objek yang terletak di belakang objek lain, Anda perlu menggunakan aplikasi edit foto yang lebih canggih.

Saran saya, sebelum menghapus objek dari foto, pastikan bahwa foto tersebut tidak terlalu kompleks dan objek yang ingin dihapus memiliki garis yang jelas. Selain itu, jangan terlalu berlebihan saat menggunakan alat clone dan blur agar foto terlihat lebih alami.

Jangan lupa untuk mencoba cara hapus objek di Picsart sendiri dan eksplorasi fitur-fitur lain yang tersedia di aplikasi ini. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.