Home » Tutorial » Cara Hapus Background Foto di Corel

Cara Hapus Background Foto di Corel

Pengenalan Corel

CorelDRAW adalah salah satu software desain grafis yang cukup populer dan digunakan oleh banyak orang. CorelDRAW memiliki berbagai fitur yang dapat membantu dalam membuat desain grafis. Salah satu fiturnya adalah menghapus background pada foto. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan CorelDRAW, artikel ini akan memberikan sedikit gambaran tentang cara menghapus background pada foto menggunakan CorelDRAW.

Cara Menghapus Background Foto di CorelDRAW

Bagi sebagian orang, menghapus background foto sering kali menjadi masalah. Tapi jangan khawatir karena CorelDRAW dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah cara menghapus background foto di CorelDRAW.

1. Siapkan Foto Yang Ingin Dihapus Backgroundnya

Langkah pertama adalah mempersiapkan foto yang ingin dihapus backgroundnya. Pastikan foto tersebut sudah diatur ukurannya dan sudah siap untuk di edit.

2. Pilih Alat Magic Wand

Setelah foto siap, langkah selanjutnya adalah memilih alat Magic Wand pada menu toolbox. Alat ini akan membantu Anda dalam memilih bagian background yang ingin dihapus.

3. Atur Toleransi Alat Magic Wand

Toleransi alat Magic Wand harus diatur sesuai dengan kebutuhan Anda. Semakin tinggi toleransi yang Anda atur, semakin besar area yang akan terpilih untuk dihapus. Begitu juga dengan sebaliknya. Pastikan toleransi yang Anda atur sesuai dengan kebutuhan.

4. Pilih Bagian Background Yang Ingin Dihapus

Setelah alat Magic Wand diatur, langkah selanjutnya adalah memilih bagian background yang ingin dihapus. Pilihlah bagian background yang ingin dihapus dengan meng-klik bagian tersebut.

5. Hapus Background

Langkah terakhir adalah dengan menghapus background foto yang sudah terpilih. Anda dapat menghapusnya dengan menggunakan tombol delete pada keyboard atau dengan menggunakan menu yang terdapat pada CorelDRAW.

Permasalahan Yang Sering Muncul Saat Menghapus Background Foto di CorelDRAW

Menghapus background foto di CorelDRAW sebenarnya cukup mudah dilakukan, namun terkadang masalah juga dapat muncul. Beberapa masalah yang sering muncul saat menghapus background foto di CorelDRAW adalah sebagai berikut.

1. Tidak Terpilih Semua Background

Salah satu masalah yang sering muncul saat menghapus background foto adalah ada bagian background yang tidak terpilih. Hal ini biasanya terjadi karena toleransi alat Magic Wand yang tidak diatur dengan benar.

2. Foto Terpotong

Masalah lain yang sering muncul adalah bagian foto yang terpotong saat dihapus backgroundnya. Hal ini bisa terjadi karena bagian foto yang sudah terpilih ikut terhapus juga. Solusinya adalah dengan memperhatikan bagian foto yang ingin dihapus dengan lebih detail.

3. Background Tidak Tercabut Sempurna

Masalah lain yang sering muncul adalah background yang tidak tercabut sempurna. Hal ini bisa terjadi karena alat Magic Wand yang tidak tepat. Solusinya adalah dengan mengatur toleransi alat Magic Wand dengan benar.

4. Hasil Kurang Bagus

Hasil akhir yang tidak memuaskan juga bisa menjadi masalah saat menghapus background foto. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan saat memilih bagian background atau kurang detail saat menghapus backgroundnya.

5. Waktu Yang Tidak Efisien

Menghapus background foto di CorelDRAW memang tidak sulit, namun memakan waktu yang cukup lama. Terkadang, waktu yang diperlukan untuk menghapus background foto dengan CorelDRAW cukup lama, terutama jika foto tersebut memiliki detail yang cukup banyak.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Apakah bisa menghapus background foto hanya dengan satu kali klik? Tidak bisa. Background foto tidak bisa dihapus hanya dengan satu kali klik. Anda harus memilih background foto terlebih dahulu menggunakan alat Magic Wand di CorelDRAW.
2. Apakah background foto bisa dihapus seluruhnya? Ya, background foto dapat dihapus secara keseluruhan. Namun, pastikan Anda memilih bagian background foto dengan benar sehingga hasilnya bagus.
3. Apa yang harus dilakukan jika bagian foto ikut terhapus saat menghapus background? Anda harus memperhatikan bagian foto yang ingin dihapus dengan lebih detail. Jangan sampai bagian foto ikut terhapus karena kesalahan dalam memilih bagian background.
4. Bisakah menghapus background foto dengan CorelDRAW pada foto yang memiliki detail yang banyak? Bisa, namun memakan waktu yang cukup lama. Pastikan Anda memilih bagian background yang tepat dan sabar dalam menghapusnya.
5. Apa yang harus dilakukan jika hasil akhirnya tidak memuaskan? Anda dapat mencoba lagi dengan memperhatikan detail dan memilih bagian background yang tepat. Atau Anda dapat mencoba dengan menggunakan alat penghapus lainnya atau meminta bantuan dari orang lain.

Kesimpulan dan Saran

Menghapus background foto di CorelDRAW memang tidak sulit, namun terkadang beberapa masalah bisa muncul. Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan mengatur alat Magic Wand dengan benar dan memperhatikan detail saat menghapus background. Selain itu, pastikan Anda sabar dan telaten dalam menghapus background foto untuk menghasilkan foto yang bagus. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menghapus background foto di CorelDRAW. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.