Home » Tutorial » Cara Edit Foto SBMPTN: Memaksimalkan Peluang Lolos Seleksi

Cara Edit Foto SBMPTN: Memaksimalkan Peluang Lolos Seleksi

Pengertian dan Pentingnya Edit Foto SBMPTN

Sebagai salah satu seleksi masuk perguruan tinggi negeri, SBMPTN menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh banyak siswa SMA dan sederajat. Walau begitu, tak sedikit yang gagal karena faktor administratif, seperti foto yang tak memenuhi kriteria. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami cara edit foto SBMPTN agar peluang lolos seleksi semakin besar.

Sebelum masuk ke teknis edit foto, pertama-tama kita harus memahami kriteria foto yang diinginkan oleh panitia SBMPTN. Ukuran foto harus 3×4, latar belakang harus putih atau biru muda, dan wajah harus terlihat jelas. Selain itu, hindari penggunaan kacamata hitam, topi, dan aksesoris berlebihan, serta pastikan foto diambil dalam kurun waktu 6 bulan terakhir.

Dalam proses pengisian formulir SBMPTN, foto menjadi hal yang tak boleh disepelekan. Sekecil apapun kesalahan dalam pengisian formulir, termasuk foto yang tak memenuhi kriteria, dapat membuatmu gagal dalam seleksi. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan setiap detail sebelum mengirimkan formulir.

Teknis Edit Foto SBMPTN

Memahami kriteria foto SBMPTN saja tak cukup jika kamu tak tahu bagaimana cara mengeditnya. Berikut adalah cara edit foto SBMPTN dengan menggunakan aplikasi edit foto sederhana:

Cara Edit Foto SBMPTN dengan Menggunakan Aplikasi Edit Foto

Seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini sudah banyak aplikasi edit foto yang dapat digunakan untuk memenuhi kriteria foto SBMPTN. Berikut adalah langkah-langkah edit foto SBMPTN dengan menggunakan aplikasi Canva:

1. Buka Aplikasi Canva

Pertama-tama, buka aplikasi Canva yang sudah diunduh di smartphone atau komputer. Kemudian pilih opsi “Design” dan klik “Custom Dimensions”. Setelah itu, masukkan ukuran 3×4 dan klik “Create New Design”.

2. Tambahkan Foto

Setelah masuk ke halaman desain, klik “Uploads” dan pilih foto yang akan dijadikan foto SBMPTN. Setelah foto diupload, klik foto tersebut dan drag ke halaman desain. Atur ukuran foto hingga sesuai dengan kriteria foto SBMPTN.

3. Blurring Latar Belakang

Untuk memenuhi kriteria latar belakang putih atau biru muda, kita bisa menggunakan fitur “Blur” pada Canva. Caranya, klik foto dan pilih opsi “Effects”. Kemudian pilih fitur “Blur” dan atur sesuai keinginan. Jangan lupa atur opacity hingga latar belakang tampak samar-samar.

4. Crop Foto

Agar wajah terlihat jelas, kita perlu memotong foto hingga hanya menampilkan wajah saja. Caranya, klik foto dan pilih opsi “Crop”. Kemudian atur ukuran crop hingga hanya menampilkan wajah saja.

5. Simpan dan Unduh

Setelah foto selesai diedit, klik opsi “Download” dan pilih opsi “.jpg”. Kemudian simpan foto dan siapkan untuk diupload pada formulir SBMPTN.

Cara Edit Foto SBMPTN dengan Menggunakan Photoshop

Selain menggunakan aplikasi Canva, kita juga bisa menggunakan Photoshop untuk mengedit foto SBMPTN. Berikut adalah langkah-langkah edit foto SBMPTN dengan menggunakan Photoshop:

1. Buka Foto dan Atur Ukuran

Pertama-tama, buka foto yang akan dijadikan foto SBMPTN dan atur ukuran menjadi 3×4. Caranya, klik opsi “Image” dan pilih opsi “Image Size”. Setelah itu, masukkan ukuran 3×4 dan klik “OK”.

2. Crop Foto

Setelah ukuran foto sesuai, crop foto hingga hanya menampilkan wajah saja. Caranya, klik opsi “Crop” dan atur ukuran crop hingga hanya menampilkan wajah saja.

3. Blurring Latar Belakang

Untuk memenuhi kriteria latar belakang putih atau biru muda, kita bisa menggunakan fitur “Blur” pada Photoshop. Caranya, klik opsi “Filter” dan pilih opsi “Blur”. Kemudian pilih fitur “Gaussian Blur” dan atur sesuai keinginan. Jangan lupa atur opacity hingga latar belakang tampak samar-samar.

4. Simpan dan Unduh

Setelah foto selesai diedit, klik opsi “File” dan pilih opsi “Save As”. Kemudian simpan foto dan siapkan untuk diupload pada formulir SBMPTN.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Apa saja kriteria foto SBMPTN? Ukuran foto harus 3×4, latar belakang harus putih atau biru muda, dan wajah harus terlihat jelas. Hindari penggunaan kacamata hitam, topi, dan aksesoris berlebihan, serta pastikan foto diambil dalam kurun waktu 6 bulan terakhir.
2. Apa yang harus dilakukan jika foto yang diupload tak memenuhi kriteria? Sebaiknya edit foto sesuai kriteria yang diinginkan oleh panitia SBMPTN. Jika tidak, risiko gagal dalam seleksi semakin besar.
3. Apakah harus menggunakan aplikasi edit foto untuk mengedit foto SBMPTN? Tidak harus. Namun, dengan menggunakan aplikasi edit foto, proses edit foto akan lebih mudah dan hasilnya lebih maksimal.
4. Apakah harus menggunakan Photoshop untuk mengedit foto SBMPTN? Tidak harus. Ada banyak aplikasi edit foto lain yang bisa digunakan, seperti Canva, GIMP, atau Pixlr.
5. Apakah setelah mengedit foto, harus melakukan verifikasi lagi? Tidak perlu. Setelah mengedit foto, pastikan foto sudah memenuhi kriteria yang diinginkan oleh panitia SBMPTN dan langsung upload pada formulir SBMPTN.

Kesimpulan dan Saran

Memiliki foto yang memenuhi kriteria SBMPTN menjadi bagian penting dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Dalam mengedit foto, pastikan memperhatikan setiap detail, seperti ukuran, latar belakang, dan wajah. Selain itu, gunakan aplikasi edit foto agar proses edit foto menjadi lebih mudah dan hasilnya lebih maksimal. Dengan memahami cara edit foto SBMPTN dengan baik, peluang lolos seleksi semakin besar.

Saran kami, sebaiknya segera persiapkan foto SBMPTN sejak dini agar masih ada waktu untuk mengedit foto jika diperlukan. Jangan menunggu saat-saat terakhir untuk mengurus administratif, termasuk foto SBMPTN. Semoga artikel ini bermanfaat dalam memaksimalkan peluang lolos seleksi SBMPTN.

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.