Home » Tutorial » Cara Edit Foto Background Putih

Cara Edit Foto Background Putih

Mungkin Anda sering melihat foto-foto dengan latar belakang putih yang bersih dan rapi. Foto semacam ini biasanya digunakan untuk kepentingan profesional, seperti untuk kebutuhan e-commerce atau portfolio fotografi. Nah, jika Anda belum tahu cara mengedit foto background putih, artikel ini akan membantu Anda. Di sini, kita akan membahas langkah-langkah untuk mengedit foto dengan background putih menggunakan aplikasi editing foto.

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah memiliki aplikasi editing foto yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada banyak aplikasi editing foto yang bisa digunakan, seperti Adobe Photoshop, Lightroom, atau GIMP. Pilihlah aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Selain itu, pastikan juga foto yang akan diedit sudah dalam format digital.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengedit foto background putih:

1. Memilih Foto yang Akan Diedit

Langkah pertama adalah memilih foto yang akan diedit. Pilihlah foto dengan background yang relatif mudah dihapus, seperti foto dengan background monokrom atau warna solid.

Memilih Foto dengan Background Monokrom

Jika Anda ingin memilih foto dengan background monokrom, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pastikan backgroundnya benar-benar monokrom, yaitu hanya terdiri dari satu warna. Selain itu, pastikan warna backgroundnya berbeda dengan warna objek atau benda yang ada pada foto tersebut. Hal ini akan memudahkan Anda dalam proses penghapusan background.

Setelah Anda memilih foto dengan background monokrom, langkah selanjutnya adalah membuka foto tersebut pada aplikasi editing foto yang Anda gunakan. Biasanya, Anda bisa membuka file foto dengan cara drag-and-drop pada jendela aplikasi editing foto.

Hal yang perlu diperhatikan saat membuka foto adalah pastikan resolusi foto telah sesuai dengan kebutuhan. Jika foto akan digunakan untuk keperluan cetak, pastikan resolusinya tinggi. Namun, jika foto hanya akan digunakan untuk keperluan online, resolusi yang lebih rendah sudah cukup.

Setelah foto terbuka, lanjutkan ke langkah selanjutnya, yaitu menghapus background.

Memilih Foto dengan Background Warna Solid

Jika Anda ingin memilih foto dengan background warna solid, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pastikan warna backgroundnya berbeda dengan warna objek atau benda yang ada pada foto tersebut. Selain itu, pastikan warna backgroundnya tidak terlalu pucat atau terlalu terang. Hal ini akan memudahkan Anda dalam proses penghapusan background.

Setelah Anda memilih foto dengan background warna solid, langkah selanjutnya adalah membuka foto tersebut pada aplikasi editing foto yang Anda gunakan. Biasanya, Anda bisa membuka file foto dengan cara drag-and-drop pada jendela aplikasi editing foto.

Pastikan resolusi foto telah sesuai dengan kebutuhan dan lanjutkan ke langkah selanjutnya, yaitu menghapus background.

2. Menghapus Background

Setelah Anda memilih foto yang akan dihapus backgroundnya, langkah selanjutnya adalah menghapus background tersebut. Ada beberapa cara untuk menghapus background pada foto, di antaranya adalah menggunakan tool penghapus atau menggunakan teknik masking.

Menghapus Background dengan Tool Penghapus

Tool penghapus adalah salah satu tools yang biasanya disediakan pada aplikasi editing foto. Tool ini memungkinkan kita untuk menghapus bagian background yang tidak diinginkan dengan mudah dan cepat.

Untuk menggunakan tool penghapus, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih tool penghapus pada toolbar aplikasi editing foto
  2. Pilih ukuran brush yang sesuai dengan ukuran area background yang akan dihapus
  3. Lakukan klik pada area background yang ingin dihapus dan seret mouse hingga area background tersebut terhapus
  4. Lakukan penyesuaian detail dengan tool penghapus seperti opacity, hardness, dan lain-lain

Dalam menggunakan tool penghapus, pastikan Anda sudah mengatur brush dengan benar dan jangan terlalu sering menghapus pada area yang sama. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menghapus background secara rapi dan bersih.

Menghapus Background dengan Teknik Masking

Teknik masking digunakan untuk menghilangkan background pada objek yang memiliki detail yang lebih kompleks, seperti rambut atau daun-daunan. Teknik ini memungkinkan kita untuk menghapus background secara selektif, sehingga objek yang diinginkan tidak terhapus.

Untuk menggunakan teknik masking, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih objek yang ingin dihapus backgroundnya menggunakan tool selection
  2. Buat mask pada objek tersebut dengan menggunakan tool mask
  3. Edit mask dengan menggunakan tool brush dan set opacity sesuai dengan kebutuhan

Setelah proses penghapusan selesai, save file dengan format yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya JPEG atau PNG.

3. Mengganti Background dengan Warna Putih

Setelah background terhapus, langkah selanjutnya adalah mengganti background dengan warna putih. Ada beberapa cara untuk mengganti background pada foto, di antaranya adalah menggunakan tool paint bucket atau layer adjustment.

Mengganti Background dengan Tool Paint Bucket

Tool paint bucket adalah salah satu tools yang biasanya disediakan pada aplikasi editing foto. Tool ini memungkinkan kita untuk mengisi background dengan warna putih secara otomatis.

Untuk menggunakan tool paint bucket, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih tool paint bucket pada toolbar aplikasi editing foto
  2. Pastikan warna foregound pada tool paint bucket adalah warna putih
  3. Lakukan klik pada area background yang kosong dan tool paint bucket akan mengisi background dengan warna putih secara otomatis

Pastikan Anda sudah memilih tool paint bucket dengan benar dan tidak mengisi area yang tidak diinginkan dengan warna putih. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengganti background secara rapi dan bersih.

Mengganti Background dengan Layer Adjustment

Layer adjustment digunakan untuk melakukan perubahan pada layer tertentu tanpa mempengaruhi layer lainnya. Teknik ini memungkinkan kita untuk mengganti background dengan warna putih secara selektif.

Untuk menggunakan layer adjustment, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tambahkan layer adjustment dengan menggunakan tool layer adjustment
  2. Pilih adjustment layer yang sesuai, misalnya hue/saturation atau levels
  3. Set value sesuai dengan kebutuhan untuk mengganti background dengan warna putih

Setelah proses penggantian background selesai, save file dengan format yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya JPEG atau PNG.

4. Kesimpulan

Demikianlah cara edit foto background putih yang bisa Anda coba. Terdapat beberapa cara untuk menghapus background dan mengganti background dengan warna putih, di antaranya menggunakan tool penghapus, teknik masking, tool paint bucket, dan layer adjustment. Pilihlah teknik yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Selain itu, pastikan Anda sudah memiliki aplikasi editing foto yang sesuai dengan kebutuhan dan foto sudah dalam format digital.

5. FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Apakah saya bisa menghapus background pada foto yang kompleks? Ya, Anda bisa menggunakan teknik masking untuk menghapus background pada foto yang kompleks, seperti foto dengan objek rambut atau daun-daunan.
2. Apakah saya harus mengganti background dengan warna putih? Tidak harus, Anda bisa mengganti background dengan warna lain sesuai dengan kebutuhan. Namun, warna putih umumnya lebih sering digunakan untuk background foto.
3. Apakah saya harus menggunakan aplikasi editing foto berbayar? Tidak harus, Anda bisa menggunakan aplikasi editing foto gratis seperti GIMP atau PicMonkey.
4. Bagaimana cara mengatur brush pada tool penghapus? Anda bisa mengatur ukuran, kekerasan, dan opacity brush pada toolbar aplikasi editing foto.
5. Apakah saya bisa menggunakan aplikasi editing foto mobile? Ya, Anda bisa menggunakan aplikasi editing foto mobile seperti Adobe Lightroom Mobile atau Snapseed.

Saran

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, cobalah untuk memilih foto dengan background yang mudah dihapus dan tidak terlalu kompleks. Selain itu, pastikan Anda sudah memiliki kemampuan dasar dalam mengedit foto agar proses penghapusan dan penggantian background menjadi lebih mudah. Terakhir, selalu eksperimen dengan teknik editing foto yang berbeda untuk menghasilkan foto yang lebih menarik dan kreatif.

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.