Home » Tutorial » Cara Edit Background Foto di Word

Cara Edit Background Foto di Word

Pengenalan

Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang paling populer di dunia. Selain digunakan untuk membuat dokumen teks, Microsoft Word juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengedit gambar, termasuk mengganti latar belakang foto. Cara edit background foto di Word ini akan sangat berguna bagi mereka yang ingin membuat dokumen yang lebih menarik dan profesional.

Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah cara edit background foto di Word dengan mudah dan cepat.

Sebelum memulai tutorial ini, pastikan anda telah menginstal Microsoft Word pada perangkat anda.

Langkah-langkah Mengedit Background Foto di Word

1. Memasukkan Gambar ke Dokumen

Langkah pertama untuk mengedit background foto di Word adalah dengan memasukkan gambar ke dalam dokumen. Caranya adalah dengan klik Insert > Pictures pada ribbon menu, kemudian cari dan pilih gambar yang ingin digunakan. Setelah itu, klik Insert untuk memasukkan gambar ke dalam dokumen.

Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan gambar dari file yang tersimpan di perangkat atau menggunakan gambar dari Bing Image Search yang terintegrasi di dalam aplikasi Word.

2. Membuat Gambar Background

Setelah memasukkan gambar ke dalam dokumen, langkah selanjutnya adalah membuat gambar tersebut menjadi background. Caranya adalah dengan klik kanan pada gambar dan pilih Set as Background pada opsi menu. Dengan demikian, gambar akan langsung menjadi background dari dokumen.

Jika ingin mengatur ukuran atau posisi gambar, klik kanan pada gambar dan pilih Format Picture pada opsi menu. Setelah itu, klik tab Size & Position dan atur ukuran dan posisi gambar sesuai keinginan.

3. Mengganti Background Foto

Jika sudah membuat gambar menjadi background, tapi ternyata tidak sesuai dengan tema atau desain dokumen, pengguna dapat menggantinya dengan gambar lain. Caranya adalah dengan mengklik kanan pada background foto dan pilih Format Picture. Kemudian, klik Fill pada opsi menu dan pilih Picture or texture fill pada dropdown menu.

Pada opsi menu Picture source, pilih salah satu sumber gambar yang diinginkan. Pengguna dapat memilih gambar dari file perangkat atau menggunakan gambar dari Bing Image Search. Setelah itu, klik Insert dan atur ukuran dan posisi gambar sesuai keinginan.

4. Menghapus Background Foto

Jika pengguna ingin menghapus background foto yang sebelumnya sudah dibuat, caranya sangat mudah. Cukup klik kanan pada background foto dan pilih Format Picture pada opsi menu. Kemudian, pada tab Fill, pilih No fill pada opsi menu.

Dengan menghapus background foto, pengguna dapat membuat dokumen yang lebih simpel dan fokus pada konten teksnya.

5. Menambahkan Efek pada Background Foto

Untuk membuat dokumen yang lebih menarik dan profesional, pengguna dapat menambahkan efek pada background foto. Caranya adalah dengan mengklik kanan pada background foto dan pilih Format Picture pada opsi menu.

Kemudian, klik tab Picture Effects dan pilih salah satu efek yang diinginkan. Pengguna dapat memilih efek seperti Shadow, Reflection, Glow, atau Bevel untuk memberikan tampilan yang lebih menarik pada background foto.

FAQ tentang Cara Edit Background Foto di Word

Pertanyaan Jawaban
1. Apakah Microsoft Word tersedia di semua perangkat? Tidak, Microsoft Word hanya tersedia di perangkat yang telah menginstal aplikasi Microsoft Office.
2. Apakah Bing Image Search dapat digunakan untuk mencari gambar? Ya, Bing Image Search terintegrasi di dalam aplikasi Microsoft Word dan dapat digunakan untuk mencari gambar.
3. Apakah seluruh gambar dapat digunakan untuk background foto? Tidak, pengguna perlu memperhatikan hak cipta dan lisensi gambar sebelum menggunakannya sebagai background foto.
4. Bagaimana cara mengatur ukuran dan posisi gambar pada background? Pengguna dapat mengklik kanan pada gambar dan pilih Format Picture. Setelah itu, klik tab Size & Position dan atur ukuran dan posisi gambar sesuai keinginan.
5. Apakah background foto dapat digunakan pada semua jenis dokumen di Word? Ya, background foto dapat digunakan pada semua jenis dokumen di Word, termasuk dokumen teks dan dokumen presentasi.

Kesimpulan dan Saran

Dalam artikel ini, telah dijelaskan cara edit background foto di Word dengan mudah dan cepat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, pengguna dapat membuat dokumen yang lebih menarik dan profesional dengan latar belakang foto yang menarik. Namun, pengguna perlu memperhatikan hak cipta dan lisensi gambar sebelum menggunakannya sebagai background foto.

Untuk hasil yang lebih maksimal, pengguna dapat menggunakan gambar yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan tema atau desain dokumen. Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan efek pada background foto untuk memberikan tampilan yang lebih menarik.

Jadi, tunggu apa lagi? Coba segera cara edit background foto di Word ini dan buatlah dokumen yang lebih menarik dan profesional dengan latar belakang foto yang menarik.

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.