Home » Kinemaster » Cara Crop Video di Kinemaster

Cara Crop Video di Kinemaster

Pengenalan Kinemaster

Hai sobat rasya.id, apakah kamu seorang content creator atau mungkin seorang yang gemar mengedit video? Jika iya, maka tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Kinemaster. Kinemaster merupakan aplikasi editing video yang cukup populer dan banyak digunakan oleh para content creator. Salah satu fitur andalannya adalah kemampuan untuk melakukan crop video. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara crop video di Kinemaster secara lengkap.

Sebelum kita membahas cara crop video di Kinemaster, ada baiknya kita mengenal dulu aplikasi Kinemaster terlebih dahulu. Kinemaster adalah aplikasi editing video yang bisa diunduh secara gratis di Google Playstore untuk perangkat Android dan App Store untuk perangkat iOS. Namun, untuk fitur-fitur yang lebih lengkap, kamu bisa mengupgrade aplikasi Kinemaster menjadi versi pro dengan berbayar.

Salah satu kelebihan Kinemaster adalah kemampuannya dalam melakukan crop video. Fitur ini memungkinkan kita untuk menyesuaikan ukuran video sesuai dengan kebutuhan, sehingga hasil akhir dari editing video menjadi lebih profesional dan menarik.

Cara Crop Video di Kinemaster

Berikut ini adalah langkah-langkah cara crop video di Kinemaster:

Step 1: Buka Aplikasi Kinemaster

Pertama-tama, buka aplikasi Kinemaster pada perangkatmu.

Step 2: Tambahkan Video

Setelah membuka aplikasi Kinemaster, kamu bisa langsung menambahkan video yang akan di-crop. Caranya, pilih tombol “Tambah Media” pada halaman utama aplikasi.

Step 3: Pilih Video yang Akan Di-Crop

Setelah menambahkan media, pilih video yang akan di-crop. Kamu bisa langsung klik video tersebut.

Step 4: Pilih Menu Crop

Setelah memilih video, kamu akan masuk ke halaman editor. Pilih tombol “Menu” pada sudut kanan atas, dan kemudian pilih “Crop”.

Step 5: Sesuaikan Ukuran Video yang Diinginkan

Selanjutnya, kamu bisa menyesuaikan ukuran video yang diinginkan dengan mengeklik bagian pinggir video. Kamu bisa menyesuaikan ukuran video secara vertikal maupun horizontal.

Step 6: Simpan Hasil Crop

Setelah menyesuaikan ukuran video, jangan lupa untuk menyimpan hasil crop dengan memilih tombol “Simpan” pada sudut kanan atas.

Cara Crop Video di Kinemaster Secara Detail

Setelah mengetahui langkah-langkah dasar cara crop video di Kinemaster, sekarang kita akan membahas lebih detail cara crop video di Kinemaster. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Step 1: Buka Aplikasi Kinemaster

Pertama-tama, buka aplikasi Kinemaster pada perangkatmu. Pastikan aplikasi Kinemaster sudah terinstall dengan baik dan terbaru agar kamu bisa menggunakan fitur crop video dengan mudah.

Step 2: Tambahkan Video

Setelah membuka aplikasi Kinemaster, kamu bisa langsung menambahkan video yang akan di-crop. Caranya, pilih tombol “Tambah Media” pada halaman utama aplikasi. Kamu bisa memilih video yang tersimpan di galeri handphonemu atau langsung merekam video dari aplikasi Kinemaster.

Step 3: Pilih Video yang Akan Di-Crop

Setelah menambahkan media, pilih video yang akan di-crop. Kamu bisa langsung klik video tersebut untuk memulai proses editing.

Step 4: Pilih Menu Crop

Setelah memilih video, kamu akan masuk ke halaman editor. Pilih tombol “Menu” pada sudut kanan atas, dan kemudian pilih “Crop”.

Step 5: Sesuaikan Ukuran Video yang Diinginkan

Selanjutnya, kamu bisa menyesuaikan ukuran video yang diinginkan dengan mengeklik bagian pinggir video. Kamu bisa menyesuaikan ukuran video secara vertikal maupun horizontal. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tombol “Lock Ratio” agar proporsi video tetap sama.

Jika kamu ingin meng-crop video secara presisi, kamu juga bisa menggunakan tombol “Position” dan “Scale” untuk menyesuaikan posisi video dengan lebih detail. Kamu bisa mengubah posisi video dengan menggulirkan tombol atau memasukkan angka secara manual.

Step 6: Tambah Efek Transisi

Jika kamu ingin menambahkan efek transisi pada video yang sudah di-crop, kamu bisa menggunakan fitur “Transisi” pada bagian bawah halaman editor. Ada banyak pilihan efek transisi yang bisa kamu gunakan untuk membuat video terlihat lebih menarik dan profesional.

Step 7: Tambahkan Audio

Setelah selesai meng-crop video, kamu juga bisa menambahkan audio pada video yang sudah di-edit. Kamu bisa menambahkan musik latar atau efek suara sesuai dengan kebutuhanmu. Caranya, pilih tombol “Tambah Media” dan pilih audio yang ingin ditambahkan.

Step 8: Simpan Hasil Crop

Setelah video selesai di-crop dan di-edit, jangan lupa untuk menyimpannya dengan memilih tombol “Simpan” pada sudut kanan atas. Kamu bisa memilih kualitas video yang ingin disimpan dan juga format video yang diinginkan.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Apakah aplikasi Kinemaster gratis? Iya, Kinemaster bisa diunduh secara gratis di Google Playstore untuk perangkat Android dan App Store untuk perangkat iOS. Namun, untuk fitur-fitur yang lebih lengkap, kamu bisa mengupgrade aplikasi Kinemaster menjadi versi pro dengan berbayar.
2. Apakah Kinemaster bisa digunakan untuk mengedit video di PC/Laptop? Untuk saat ini, Kinemaster belum mendukung penggunaan pada PC/Laptop. Namun, kamu bisa menggunakan emulator Android seperti Bluestacks untuk menjalankan aplikasi Kinemaster pada PC/Laptop.
3. Apakah Kinemaster bisa digunakan untuk mengedit video dengan format yang berbeda-beda? Iya, Kinemaster bisa mengedit video dengan format yang berbeda-beda seperti MP4, AVI, MOV, dan lain sebagainya. Namun, kamu perlu memperhatikan kualitas video dan kemampuan perangkatmu untuk menghindari lag atau crash saat editing video.
4. Bagaimana cara mengatasi lag saat menggunakan Kinemaster? Untuk mengatasi lag saat menggunakan Kinemaster, kamu bisa menurunkan kualitas video dan menonaktifkan fitur-fitur yang tidak diperlukan saat editing video. Selain itu, pastikan juga perangkatmu memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankan aplikasi Kinemaster dengan lancar.
5. Apakah Kinemaster bisa digunakan untuk membuat video dengan durasi yang panjang? Iya, Kinemaster bisa digunakan untuk membuat video dengan durasi yang panjang. Namun, perlu diingat bahwa semakin panjang durasi video, semakin besar ukuran file video yang dihasilkan. Pastikan juga perangkatmu memiliki kapasitas memori yang cukup untuk menyimpan video dengan durasi yang panjang.

Kesimpulan dan Saran

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara crop video di Kinemaster secara lengkap. Kinemaster memang menjadi pilihan yang tepat bagi para content creator yang ingin menghasilkan video yang menarik dan profesional. Dengan fitur crop video yang dimilikinya, kamu bisa menyesuaikan ukuran video sesuai dengan kebutuhan. Namun, untuk mendapatkan hasil yang terbaik, kamu perlu memperhatikan kualitas video dan kemampuan perangkatmu untuk menghindari lag atau crash saat editing video.

Jika kamu sudah mahir dalam menggunakan fitur crop video di Kinemaster, kamu bisa mencoba fitur-fitur lainnya yang tersedia seperti efek transisi dan pengaturan audio. Dengan menguasai semua fitur yang tersedia, kamu bisa menghasilkan video yang semakin menarik dan profesional.

Jangan lupa untuk terus belajar dan mengasah kemampuanmu dalam mengedit video. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu. Selamat mencoba cara crop video di Kinemaster!

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.