Home » Tutorial » Cara Cepat Hapus Background di Photoshop

Cara Cepat Hapus Background di Photoshop

Pengenalan

Photoshop menjadi salah satu software editing foto yang paling populer digunakan oleh fotografer, desainer grafis, bahkan pengguna rumahan. Salah satu keunggulan Photoshop adalah kemampuannya dalam menghapus background atau latar belakang foto dengan mudah dan cepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara cepat hapus background di Photoshop.

Sebelum memulai tutorial, pastikan Anda memiliki versi terbaru Photoshop dan foto yang ingin dihapus backgroundnya sudah terbuka dalam software. Jika belum, silahkan buka file foto terlebih dahulu. Cara cepat hapus background di Photoshop akan membantu Anda untuk menghasilkan foto dengan latar belakang transparan atau diganti dengan background lainnya.

Langsung saja, simak tutorial cara cepat hapus background di Photoshop berikut ini.

Cara Cepat Hapus Background dengan Layer Mask

Langkah pertama adalah membuat layer mask pada foto yang ingin dihapus backgroundnya. Caranya, pilih layer foto yang ingin dihapus backgroundnya dan klik tombol ‘Add Layer Mask’ pada panel Layers. Setelah itu, pilih brush tool dan warna hitam untuk menghapus partikel background foto yang tidak diinginkan.

Anda bisa mengatur ukuran brush tool sesuai dengan kebutuhan dan menghapus background secara bertahap. Pastikan tidak ada bagian foto yang terhapus. Jika ada, ganti warna brush tool menjadi putih dan warna foreground menjadi hitam untuk mengembalikan bagian foto yang terhapus.

Setelah selesai menghapus background dengan layer mask, Anda bisa menambahkan background baru atau membuat background transparan. Caranya, setelah menghapus background, pilih layer background baru dan letakkan di bawah layer foto. Hasilnya, foto akan memiliki background baru.

Pengaturan Brush Tool

Agar lebih mudah dalam menghapus background dengan layer mask, Anda bisa mengatur brush tool sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa pengaturan brush tool yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  • Ukuran brush: semakin besar, semakin cepat menghapus background
  • Keras atau lembutnya brush: tergantung pada kebutuhan
  • Opacity brush: semakin rendah, semakin transparan
  • Flow brush: semakin rendah, semakin lambat pergerakan brush

Dengan mengatur brush tool dengan benar, Anda akan lebih mudah dalam menghapus background pada foto.

Cara Cepat Hapus Background dengan Magic Wand Tool

Selain menggunakan layer mask, Anda juga bisa menggunakan magic wand tool untuk menghapus background pada foto dengan cepat. Caranya, pilih magic wand tool pada toolbar, lalu klik pada bagian background yang ingin dihapus.

Setelah itu, tekan tombol delete pada keyboard untuk menghapus bagian background yang terpilih. Pastikan untuk mengatur tolerance pada magic wand tool agar foto yang terhapus backgroundnya tampak rapi dan tidak pecah-pecah.

Cara Cepat Hapus Background dengan Quick Selection Tool

Quick selection tool merupakan salah satu tool yang bisa digunakan untuk menghapus background dengan cepat. Caranya, pilih quick selection tool pada toolbar, lalu klik dan geser pada bagian background yang ingin dihapus.

Setelah terpilih, tekan tombol delete pada keyboard untuk menghapus bagian background yang terpilih. Pastikan untuk mengatur ukuran brush dan tolerance pada quick selection tool agar hasilnya maksimal.

Cara Cepat Hapus Background dengan Masking

Selain menghapus background dengan layer mask, Anda juga bisa menggunakan masking pada Photoshop. Caranya, duplikat layer foto yang ingin dihapus backgroundnya, lalu pilih blending mode ‘difference’ pada layer duplikat.

Setelah itu, buat adjustment layer threshold dan atur threshold hingga background terlihat kontras dengan objek utama. Salin mask dari layer duplikat dan letakkan pada layer asli foto. Hasilnya, background pada foto akan terhapus dengan rapi.

Penyesuaian Threshold

Untuk mendapatkan hasil terbaik menggunakan masking pada Photoshop, Anda harus menyesuaikan threshold agar background terlihat kontras dengan objek utama. Caranya, buka adjustment layer threshold dan geser slider threshold hingga background terlihat kontras dengan objek utama.

Pastikan untuk menyesuaikan dengan baik agar hasilnya maksimal dan tidak terlihat pecah-pecah.

Cara Cepat Hapus Background dengan Pen Tool

Pen tool merupakan salah satu tool pada Photoshop yang bisa digunakan untuk menghapus background dengan rapi. Caranya, buka foto yang ingin dihapus backgroundnya, lalu pilih pen tool pada toolbar.

Buat path melingkar pada objek utama dan ikuti kontur objek dengan seksama. Setelah selesai, klik kanan dan pilih ‘make selection’. Setelah terpilih, tekan tombol delete pada keyboard untuk menghapus background yang terpilih.

Penyesuaian Path dengan Bezier Curve

Agar hasil path pada pen tool maksimal, Anda bisa menyesuaikan path dengan bezier curve. Caranya, seleksi path yang sudah dibuat dengan pen tool, lalu pilih direct selection tool pada toolbar.

Setelah itu, klik pada titik path dan geser bezier curve hingga path terlihat maksimal. Lakukan penyesuaian pada semua titik path agar hasilnya maksimal.

Kesimpulan

Cara cepat hapus background di Photoshop bisa dilakukan dengan berbagai tool seperti layer mask, magic wand tool, quick selection tool, masking, dan pen tool. Setiap tool memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi pilihlah tool yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Selain itu, pengaturan brush tool dan threshold juga sangat penting agar hasilnya lebih maksimal.

Saran

Untuk mempercepat proses menghapus background pada foto, Anda bisa menggunakan shortcut keyboard atau mengganti warna background dengan warna kontras agar lebih mudah dalam menghapusnya. Selain itu, pastikan foto yang ingin dihapus backgroundnya memiliki kontras yang cukup dengan objek utama agar hasilnya lebih maksimal.

FAQ Jawaban
1. Apakah bisa menghapus background pada foto yang buram? Bisa, asalkan foto memiliki kontras yang cukup dengan objek utama.
2. Apakah bisa menggunakan shortcut keyboard dalam menghapus background di Photoshop? Bisa, ada beberapa shortcut keyboard seperti ‘ctrl + alt + D’ untuk duplikat layer dan ‘ctrl + D’ untuk deselect.
3. Apakah bisa menghapus background pada foto dengan warna yang sama dengan objek utama? Bisa, asalkan objek utama memiliki kontras yang cukup dengan background.
4. Apakah bisa menghapus background dengan cepat pada foto yang memiliki banyak detail? Bisa, asalkan menggunakan tool yang tepat dan teliti dalam menghapus backgroundnya.
5. Apakah bisa menghapus background pada foto dengan format selain JPEG? Bisa, Photoshop mendukung berbagai format file seperti PNG, TIFF, dan PSD.

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.