Home » Edit Foto » Cara Bikin Watermark di Picsart

Cara Bikin Watermark di Picsart

Pengenalan Picsart

Jika kamu suka bermain dengan foto atau gambar, maka Picsart adalah aplikasi yang tepat untuk digunakan. Picsart adalah aplikasi pengedit foto dan gambar yang tersedia baik untuk pengguna Android ataupun iOS. Selain itu, Picsart juga memiliki berbagai fitur yang bisa mempercantik hasil editanmu. Salah satu fitur menarik dari aplikasi ini adalah kemampuannya membuat watermark pada gambar atau foto. Pada artikel kali ini, kamu akan belajar cara bikin watermark di Picsart.

Kenapa Perlu Membuat Watermark?

Sebelum memulai tutorial, mari kita bahas sedikit mengapa penting untuk membuat watermark pada foto atau gambar yang kamu hasilkan. Watermark adalah tanda atau cap yang ditempatkan pada gambar atau foto agar dapat mengidentifikasi siapa yang membuatnya. Dengan adanya watermark, kamu dapat melindungi gambar atau foto dari tindakan yang tidak bertanggung jawab, seperti plagiat atau pencurian gambar. Dengan begitu, hasil karya yang kamu miliki dapat diakui dan dihargai oleh orang lain.

Cara Bikin Watermark di Picsart

Berikut adalah langkah-langkah cara bikin watermark di Picsart:

Langkah 1: Buka Aplikasi Picsart

Yang pertama harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Picsart yang sudah terinstall di smartphone kamu. Setelah itu, pilih gambar atau foto yang ingin kamu tambahkan watermark.

Langkah 2: Tambahkan Teks Watermark

Jika sudah memilih gambar atau foto yang ingin kamu tambahkan watermark, selanjutnya adalah menambahkan teks watermark. Caranya sangat mudah, kamu bisa memilih menu ‘Teks’ pada menu utama Picsart. Setelah itu, kamu bisa memasukkan teks yang kamu inginkan pada kotak teks.

Langkah 3: Edit Teks Watermark

Setelah kamu memasukkan teks watermark yang diinginkan, kamu bisa mengubah font, ukuran teks, warna, dan posisi teks pada gambar atau foto kamu. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah dengan cara menekan teks watermark yang sudah dibuat dan memilih option yang tersedia di bawah gambar.

Langkah 4: Simpan Hasil Editan

Setelah kamu selesai membuat watermark pada gambar atau foto, kamu bisa menyimpan hasil editan tersebut pada smartphone kamu. Caranya sangat mudah, cukup tekan tombol ‘Simpan’ pada pojok kanan atas aplikasi Picsart.

Keuntungan Memiliki Watermark pada Gambar

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki watermark pada gambar atau foto. Berikut adalah beberapa keuntungan tersebut:

Melindungi Karya Anda

Dengan adanya watermark, kamu dapat melindungi hasil karya kamu dari tindakan yang tidak bertanggung jawab, seperti plagiat atau pencurian gambar.

Menambah Branding

Dengan menambahkan logo atau brand kamu pada gambar atau foto, kamu dapat meningkatkan kesadaran merek dan juga meningkatkan kredibilitas kamu sebagai seorang kreator.

Meningkatkan Nilai Jual

Dengan adanya watermark, kamu dapat meningkatkan nilai jual dari gambar atau foto yang kamu hasilkan. Dengan begitu, kamu dapat menarik pelanggan yang lebih banyak dan menghasilkan lebih banyak uang dari pekerjaan kamu.

Memudahkan Penggunaan Ulang

Dengan adanya watermark, kamu dapat memudahkan penggunaan ulang gambar atau foto kamu tanpa takut dicuri atau disalahgunakan oleh orang lain.

FAQ tentang Cara Bikin Watermark di Picsart

Pertanyaan Jawaban
Apakah Picsart gratis? Ya, Picsart tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store.
Apakah Picsart mudah digunakan? Ya, Picsart sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
Bisakah saya menambahkan logo pada watermark? Ya, kamu bisa menambahkan logo pada watermark kamu di Picsart.
Berapa banyak teks watermark yang bisa saya tambahkan pada satu gambar? Anda bisa menambahkan sebanyak mungkin teks watermark yang kamu inginkan di Picsart.
Bisakah saya mengedit atau menghapus watermark setelah disimpan? Tidak, kamu tidak bisa mengedit atau menghapus watermark setelah disimpan. Pastikan kamu sudah mengedit dengan benar sebelum menyimpan.

Kesimpulan dan Saran

Watermark adalah tanda atau cap yang ditempatkan pada gambar atau foto agar dapat mengidentifikasi siapa yang membuatnya. Dengan adanya watermark, kamu dapat melindungi gambar atau foto dari tindakan yang tidak bertanggung jawab, seperti plagiat atau pencurian gambar. Cara bikin watermark di Picsart sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun. Selain itu, dengan memiliki watermark pada gambar atau foto, kamu juga bisa meningkatkan kesadaran merek dan nilai jual dari hasil karya kamu. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menambahkan watermark pada setiap gambar atau foto yang kamu hasilkan.

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.