Home » Edit Foto » Aplikasi untuk Ubah Background Foto

Aplikasi untuk Ubah Background Foto

Memiliki foto dengan latar belakang yang tidak sesuai dengan keinginan kita memang bisa menjadi hal yang mengganggu. Namun, dengan adanya aplikasi untuk ubah background foto, kini kamu bisa mengubah latar belakang foto sesuai dengan yang kamu inginkan. Berikut ini, kami akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi untuk ubah background foto yang bisa kamu gunakan.

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi editing foto yang paling populer di dunia dan pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Dalam Adobe Photoshop, kamu bisa mengubah latar belakang foto dengan sangat mudah. Kamu hanya perlu menggunakan tools seleksi, seperti Quick Selection Tool atau Magic Wand Tool, untuk memilih area yang ingin diubah. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan Layer Mask dan Brush Tool untuk menghilangkan latar belakang asli dan menambahkan latar belakang baru.

Namun, sayangnya Adobe Photoshop bukanlah aplikasi yang murah. Kamu perlu membayar sekitar Rp 300.000 per bulan untuk berlangganan Adobe Creative Cloud, yang mencakup akses ke semua aplikasi Adobe, termasuk Adobe Photoshop. Namun, jika kamu sering menggunakan Adobe Photoshop untuk keperluan pekerjaan atau bisnis, maka berlangganan Adobe Creative Cloud bisa menjadi investasi yang sangat bermanfaat.

Kelebihan Adobe Photoshop

Beberapa kelebihan Adobe Photoshop antara lain:

  1. Mempunyai tools seleksi yang sangat akurat dan canggih.
  2. Bisa mengubah latar belakang foto dengan sangat detail.
  3. Banyak tersedia tutorial di YouTube dan website lain.
  4. Bisa digunakan untuk mengedit foto secara keseluruhan, tidak hanya untuk mengubah latar belakang.

Kekurangan Adobe Photoshop

Namun, ada juga beberapa kekurangan Adobe Photoshop, antara lain:

  1. Harganya cukup mahal.
  2. Tidak cocok untuk pemula yang baru belajar editing foto.
  3. Menggunakan Adobe Photoshop membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi.
  4. Membutuhkan waktu dan usaha yang cukup untuk memahami semua fitur dan tools yang tersedia.

2. Canva

Canva adalah aplikasi desain grafis yang sangat populer, terutama di kalangan pelaku bisnis dan pemasaran. Selain digunakan untuk membuat desain grafis, Canva juga bisa digunakan untuk mengubah latar belakang foto dengan sangat mudah. Kamu hanya perlu memilih template yang sudah tersedia atau mengunggah foto sendiri, lalu menggunakan tools seleksi untuk memilih area yang ingin diubah. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan latar belakang baru dari koleksi Canva atau mengunggah latar belakang sendiri.

Canva tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Dalam versi gratis, kamu bisa menggunakan sebagian besar fitur dan tools yang ada di Canva. Namun, jika kamu ingin mengakses fitur dan koleksi yang lebih lengkap, kamu bisa berlangganan Canva Pro dengan membayar sekitar Rp 200.000 per bulan.

Kelebihan Canva

Beberapa kelebihan Canva antara lain:

  1. Mudah digunakan dan tidak membutuhkan keahlian khusus.
  2. Banyak tersedia template dan koleksi latar belakang yang berkualitas tinggi.
  3. Murah atau bahkan gratis untuk versi dasar.
  4. Bisa digunakan untuk membuat desain grafis lainnya, seperti poster, brosur, dan spanduk.

Kekurangan Canva

Namun, ada juga beberapa kekurangan Canva, antara lain:

  1. Tools seleksi yang tersedia tidak seakurat Adobe Photoshop.
  2. Tidak bisa melakukan editing foto secara detail.
  3. Tidak cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan hasil editing foto yang sangat profesional.
  4. Beberapa koleksi latar belakang dan template membutuhkan langganan Canva Pro.

3. PicsArt

PicsArt adalah aplikasi editing foto yang memiliki fitur yang sangat lengkap, termasuk fitur untuk mengubah latar belakang foto. Dalam PicsArt, kamu bisa memilih foto yang ingin diubah latar belakangnya, lalu menggunakan tools seleksi untuk memilih area yang ingin diubah. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan latar belakang baru dari koleksi PicsArt atau mengunggah latar belakang sendiri.

PicsArt tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Dalam versi gratis, kamu bisa menggunakan sebagian besar fitur dan tools yang ada di PicsArt. Namun, jika kamu ingin mengakses fitur dan koleksi yang lebih lengkap, kamu bisa berlangganan PicsArt Gold dengan membayar sekitar Rp 40.000 per bulan.

Kelebihan PicsArt

Beberapa kelebihan PicsArt antara lain:

  1. Mempunyai tools seleksi yang akurat dan canggih.
  2. Bisa mengubah latar belakang foto dengan sangat detail.
  3. Banyak tersedia koleksi latar belakang dan stiker yang berkualitas tinggi.
  4. Tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

Kekurangan PicsArt

Namun, ada juga beberapa kekurangan PicsArt, antara lain:

  1. Terdapat iklan di dalam aplikasi, yang bisa mengganggu pengalaman pengguna.
  2. Banyak fitur dan koleksi yang membutuhkan langganan PicsArt Gold.
  3. Komunitas pengguna PicsArt yang cukup besar bisa membuat hasil editing foto terlihat kurang orisinal.
  4. Tidak cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan hasil editing foto yang sangat profesional.

4. Background Eraser

Background Eraser adalah aplikasi sederhana yang dirancang khusus untuk menghapus latar belakang foto dengan cepat dan mudah. Dalam Background Eraser, kamu bisa memilih foto yang ingin diubah latar belakangnya, lalu menggunakan tools eraser untuk menghapus latar belakang asli. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan latar belakang baru dari koleksi Background Eraser atau mengunggah latar belakang sendiri.

Background Eraser tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Dalam versi gratis, kamu bisa menggunakan sebagian besar fitur dan tools yang ada di Background Eraser. Namun, jika kamu ingin mengakses fitur dan koleksi yang lebih lengkap, kamu bisa berlangganan Background Eraser Pro dengan membayar sekitar Rp 30.000 per bulan.

Kelebihan Background Eraser

Beberapa kelebihan Background Eraser antara lain:

  1. Mudah digunakan dan tidak membutuhkan keahlian khusus.
  2. Sangat cepat dalam menghapus latar belakang foto.
  3. Tersedia dalam versi gratis.
  4. Terdapat koleksi latar belakang yang berkualitas tinggi.

Kekurangan Background Eraser

Namun, ada juga beberapa kekurangan Background Eraser, antara lain:

  1. Tidak mempunyai tools seleksi yang akurat dan canggih.
  2. Tidak bisa melakukan editing foto secara detail.
  3. Beberapa koleksi latar belakang membutuhkan langganan Background Eraser Pro.
  4. Tidak cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan hasil editing foto yang sangat profesional.

5. Pixlr

Pixlr adalah aplikasi editing foto online yang bisa kamu gunakan langsung dari browser. Dalam Pixlr, kamu bisa memilih foto yang ingin diubah latar belakangnya, lalu menggunakan tools seleksi untuk memilih area yang ingin diubah. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan latar belakang baru dari koleksi Pixlr atau mengunggah latar belakang sendiri.

Pixlr tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Dalam versi gratis, kamu bisa menggunakan sebagian besar fitur dan tools yang ada di Pixlr. Namun, jika kamu ingin mengakses fitur dan koleksi yang lebih lengkap, kamu bisa berlangganan Pixlr Pro dengan membayar sekitar Rp 80.000 per bulan.

Kelebihan Pixlr

Beberapa kelebihan Pixlr antara lain:

  1. Mudah digunakan dan tidak membutuhkan keahlian khusus.
  2. Bisa digunakan langsung dari browser tanpa harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu.
  3. Banyak tersedia koleksi latar belakang dan stiker yang berkualitas tinggi.
  4. Tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

Kekurangan Pixlr

Namun, ada juga beberapa kekurangan Pixlr, antara lain:

  1. Tidak mempunyai tools seleksi yang akurat dan canggih.
  2. Tidak bisa melakukan editing foto secara detail.
  3. Beberapa koleksi latar belakang dan stiker membutuhkan langganan Pixlr Pro.
  4. Tidak cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan hasil editing foto yang sangat profesional.
No. Pertanyaan Jawaban
1 Apakah semua aplikasi untuk ubah background foto membutuhkan biaya? Tidak. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan secara gratis, seperti Canva dan Background Eraser. Namun, jika kamu ingin mengakses fitur dan koleksi yang lebih lengkap, kamu perlu berlangganan versi berbayar.
2 Apakah aplikasi untuk ubah background foto hanya bisa digunakan oleh profesional? Tidak. Beberapa aplikasi, seperti Canva dan Background Eraser, sangat mudah digunakan dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Namun, untuk aplikasi seperti Adobe Photoshop, kamu perlu memahami beberapa konsep dasar editing foto.
3 Apakah hasil editing foto dengan aplikasi untuk ubah background foto akan terlihat profesional? Tergantung pada aplikasi yang kamu gunakan dan keahlianmu dalam mengedit foto. Beberapa aplikasi, seperti Adobe Photoshop dan Canva, bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang sangat baik. Namun, aplikasi lain, seperti Background Eraser, hanya cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan hasil editing foto yang sederhana.
4 Apakah aplikasi untuk ubah background foto bisa digunakan di smartphone? Ya. Beberapa aplikasi, seperti PicsArt dan Background Eraser, bisa diunduh dan digunakan di smartphone. Namun, untuk aplikasi seperti Adobe Photoshop, kamu perlu menggunakan komputer atau laptop.
5 Apakah ada risiko keamanan dalam menggunakan aplikasi untuk ubah background foto? Ada. Beberapa aplikasi, terutama yang berasal dari pengembang yang kurang terpercaya, bisa mengandung virus atau malware yang bisa membahayakan perangkatmu. Oleh karena itu, pastikan untuk mengunduh aplikasi hanya dari sumber yang terpercaya.

Kesimpulan dan Saran

Jika kamu sering melakukan editing foto, terutama mengubah latar belakang foto, maka aplikasi untuk ubah background foto bisa sangat membantumu. Namun, pastikan untuk memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu dan keahlianmu dalam mengedit foto. Jangan lupa juga untuk

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.