Home » Edit Foto » Aplikasi Edit Foto yang Lagi Trend Sekarang

Aplikasi Edit Foto yang Lagi Trend Sekarang

Siapa yang tidak suka dengan foto? Foto sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Terlebih dengan semakin berkembangnya teknologi, foto-foto juga semakin berkualitas dan menarik. Namun, kadangkala foto yang kita ambil belum sempurna, butuh sentuhan edit agar lebih menarik dan Instagramable.

Kini, ada banyak aplikasi edit foto yang bisa kita gunakan. Dari yang gratis hingga berbayar, aplikasi edit foto semakin bervariasi dan mudah digunakan. Nah, dalam artikel kali ini, kami akan membahas aplikasi edit foto yang lagi trend sekarang. Yuk, simak ulasannya!

1. VSCO

VSCO adalah aplikasi edit foto yang sudah lama hadir di dunia fotografi. Namun, kini VSCO semakin populer dan digunakan oleh banyak orang, terutama di kalangan remaja. Aplikasi ini menawarkan banyak filter dan efek yang dapat digunakan untuk mempercantik foto. Selain itu, VSCO juga menyediakan fitur seperti crop, rotate, dan exposure.

VSCO juga memiliki komunitas yang aktif. Kamu bisa membagikan foto hasil editanmu dan melihat karya-karya dari pengguna lainnya di dalam aplikasi ini. Selain itu, kamu juga bisa membeli filter dan efek tambahan dengan harga yang terjangkau.

Kelebihan VSCO

VSCO menawarkan filter dan efek yang unik dan menarik. Selain itu, aplikasi ini mudah digunakan dan cocok bagi mereka yang ingin hasil editan foto yang simpel dan elegan. Komunitas di dalam VSCO juga aktif, sehingga kamu bisa memperoleh inspirasi dari pengguna lainnya.

Bagi para fotografer, VSCO juga menawarkan fitur-fitur yang lebih advance untuk mengedit foto. Misalnya, kamu bisa melakukan penyesuaian warna dan kecerahan secara detail. Hal ini cocok bagi mereka yang ingin hasil editan foto yang lebih profesional.

Kekurangan VSCO

VSCO tidak menawarkan fitur untuk menghilangkan background atau mengganti warna background. Jadi, jika kamu ingin melakukan edit foto yang lebih kompleks, mungkin VSCO kurang cocok untukmu. Selain itu, ada beberapa filter dan efek tambahan yang harus kamu beli dengan harga tertentu.

Namun, jika kamu mencari aplikasi edit foto yang simpel dan elegan, VSCO bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. PicsArt

PicsArt adalah aplikasi edit foto yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur, mulai dari crop, rotate, hingga menghilangkan background dan menambahkan efek lucu.

Salah satu fitur andalan dari PicsArt adalah Remix. Dengan fitur ini, kamu bisa mengedit foto bersama teman atau orang lain secara online. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur collage dan membuat meme yang lucu.

Kelebihan PicsArt

PicsArt menawarkan banyak fitur yang sangat lengkap. Dari fitur yang simple hingga fitur yang kompleks, semuanya ada di dalam aplikasi ini. Selain itu, kamu juga bisa membagikan karya-karyamu ke pengguna lainnya melalui fitur Remix dan menjadi bagian dari komunitas PicsArt.

Bagi yang suka membuat meme atau gambar lucu, PicsArt juga menyediakan banyak stiker dan teks yang bisa digunakan untuk menambahkan efek pada foto. Jadi, kamu bisa menghasilkan karya-karya kreatif dengan mudah.

Kekurangan PicsArt

Karena menawarkan banyak fitur, mungkin aplikasi ini terasa sedikit rumit bagi beberapa orang. Selain itu, jika kamu ingin menggunakan fitur-fitur yang lebih advance, kamu harus membeli paket premium dengan harga tertentu.

Namun, jika kamu mencari aplikasi edit foto yang lengkap dan bisa digunakan untuk membuat karya kreatif, PicsArt bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Canva

Canva awalnya merupakan aplikasi untuk mendesain dan membuat poster atau undangan. Namun, kini Canva semakin berkembang dan menawarkan banyak fitur untuk mengedit foto. Aplikasi ini sangat cocok bagi mereka yang suka membuat desain grafis dan ingin mempercantik foto dengan efek yang menarik.

Canva menawarkan banyak template dan layout yang bisa digunakan untuk mengedit foto. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan teks atau mengubah background foto dengan mudah. Canva juga menyediakan fitur untuk mengatur kecerahan, kontras, dan saturasi pada foto.

Kelebihan Canva

Canva menawarkan banyak template dan layout yang sangat lengkap dan menarik. Cocok bagi mereka yang suka membuat desain grafis dan ingin menciptakan kesan yang unik pada foto. Selain itu, fitur-fitur yang disediakan oleh Canva sangat mudah digunakan dan user-friendly.

Canva juga menawarkan banyak elemen yang bisa digunakan untuk mempercantik foto, seperti clip art, stiker, dan teks. Jadi, kamu bisa menghasilkan foto yang lebih menarik dan Instagramable dengan mudah.

Kekurangan Canva

Canva tidak menawarkan fitur yang terlalu advance untuk edit foto. Jadi, jika kamu ingin melakukan edit foto yang lebih kompleks, mungkin Canva kurang cocok untukmu. Selain itu, ada beberapa template dan elemen yang harus kamu beli dengan harga tertentu.

Namun, jika kamu mencari aplikasi edit foto yang user-friendly dan cocok bagi mereka yang suka membuat desain grafis, Canva bisa menjadi pilihan yang tepat.

4. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom merupakan aplikasi edit foto yang sudah sangat terkenal di kalangan fotografer profesional. Namun, kini aplikasi ini semakin populer di kalangan pengguna smartphone. Adobe Lightroom menawarkan banyak fitur yang sangat lengkap dan advance.

Fitur unggulan dari Adobe Lightroom adalah fitur Preset. Dengan fitur ini, kamu bisa mengedit foto dengan mudah dan menghasilkan hasil yang sama persis dengan preset yang sudah ada. Selain itu, Adobe Lightroom juga menawarkan fitur advanced seperti adjustment brush dan radial filter.

Kelebihan Adobe Lightroom

Adobe Lightroom menawarkan fitur yang sangat lengkap dan advance. Aplikasi ini sangat cocok bagi mereka yang ingin hasil editan foto yang menghasilkan kualitas yang sangat baik dan profesional. Selain itu, kamu juga bisa mengatur warna dan kecerahan secara detail.

Fitur Preset di dalam Adobe Lightroom juga sangat membantu. Kamu bisa mengedit foto dengan mudah dan menghasilkan hasil yang sama persis dengan preset yang sudah ada. Selain itu, ada banyak preset gratis yang bisa kamu gunakan.

Kekurangan Adobe Lightroom

Adobe Lightroom mungkin terasa sedikit rumit dan sulit digunakan bagi mereka yang baru memulai. Selain itu, harga aplikasi ini juga tergolong mahal jika dibandingkan dengan aplikasi edit foto lainnya.

Namun, jika kamu mencari aplikasi edit foto yang advance dan cocok bagi mereka yang ingin hasil editan foto yang professional, Adobe Lightroom bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Snapseed

Snapseed adalah aplikasi edit foto yang berasal dari Google. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur yang bisa digunakan untuk mengedit foto, seperti adjust exposure, heal, dan brush tool. Namun, fitur yang paling menarik dari Snapseed adalah fitur Selective Adjust.

Dengan fitur Selective Adjust, kamu bisa mengatur warna dan kecerahan secara detail pada bagian tertentu pada foto. Misalnya, kamu ingin mengatur warna langit atau kecerahan pada wajah. Fitur ini sangat membantu jika kamu ingin menghasilkan hasil editan yang lebih detail dan spesifik.

Kelebihan Snapseed

Snapseed menawarkan fitur Selective Adjust yang sangat unik dan berguna. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengatur warna dan kecerahan secara detail pada bagian tertentu pada foto. Selain itu, Snapseed juga menawarkan fitur-fitur lain yang lengkap dan mudah digunakan.

Bagi mereka yang suka menghasilkan foto dengan kualitas yang baik dan menyukai detail-detail kecil pada foto, Snapseed sangat cocok untuk digunakan.

Kekurangan Snapseed

Snapseed mungkin terasa sedikit rumit bagi mereka yang baru memulai. Selain itu, aplikasi ini tidak menawarkan fitur untuk menghilangkan background atau mengganti warna background. Jadi, jika kamu ingin melakukan edit foto yang lebih kompleks, mungkin Snapseed kurang cocok untukmu.

FAQ

No Pertanyaan Jawaban
1 Apakah aplikasi edit foto VSCO gratis? VSCO menyediakan fitur gratis dan fitur berbayar. Namun, fitur gratis yang disediakan sudah cukup lengkap dan mudah digunakan.
2 Apakah Adobe Lightroom hanya cocok bagi fotografer profesional? Tidak. Meskipun Adobe Lightroom menawarkan fitur yang advance, aplikasi ini juga cocok bagi pengguna smartphone yang ingin hasil editan foto yang professional.
3 Apakah PicsArt hanya cocok bagi mereka yang suka membuat meme atau gambar lucu? Tidak. PicsArt menawarkan banyak fitur yang lengkap dan bisa digunakan untuk menghasilkan hasil editan foto yang professional.
4 Apakah Canva hanya untuk membuat poster atau undangan saja? Tidak. Kini Canva semakin berkembang dan menawarkan banyak fitur untuk mengedit foto.
5 Apakah Snapseed cocok bagi mereka yang ingin hasil editan foto yang detail? Ya. Snapseed menawarkan fitur Selective Adjust yang sangat berguna dan memungkinkan kamu untuk mengatur warna dan kecerahan secara detail pada bagian tertentu pada foto.

Kesimpulan dan Saran

Dari kelima aplikasi edit foto di atas, semuanya menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, yang pasti semuanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto yang lebih menarik dan Instagramable. Tidak ada salahnya mencoba satu per satu aplikasi tersebut dan menemukan yang paling cocok untukmu.

Namun, aplikasi edit foto yang lagi trend sekarang adalah VSCO dan PicsArt. Keduanya menawarkan fitur yang lengkap dan cocok bagi pengguna smartphone yang ingin hasil editan foto yang simpel dan elegan. Selain itu, komunitas di dalam VSCO dan PicsArt juga aktif, sehingga kamu bisa memperoleh inspirasi dari pengguna lainnya.

Jadi, bagi kamu yang suka berfoto dan ingin menghasilkan foto yang lebih menarik dan Instagramable, tak ada salahnya mencoba menggunakan salah satu aplikasi edit foto di atas. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

Penulis

Rina Wijayanti
Rina Wijayanti
Saya adalah seorang penulis konten di rasya.id, sebuah situs yang menyajikan artikel bermanfaat tentang aplikasi edit foto. Saya memiliki minat yang luas dan kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan mudah dipahami. Saya juga tertarik dengan teknologi dan inovasi terkini, dan senang menulis tentang hal-hal tersebut. Sebagai penulis konten di rasya.id, saya berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, serta memberikan konten berkualitas tinggi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.